Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Purnama, W. D. 2024. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TPS, Kontekstual, Keterampilan Pemecahan MasalahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah sangat penting bagi siswa untuk dapat menyelesaikan masalah, khususnya masalah IPA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan jenis non equivalent control group design. Metode penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Kelas yang dipilih merupakan kelas dengan kemampuan awal yang sama. Dibuktikan dengan dilakukannya metode independent sample t-test pretest yang menunjukkan nilai signifikan 0,596 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga tidak adanya perbedaan kemampuan awal kedua kelas sebelum diberi perlakuan. Kemudian Independent Sample t-test untuk posttest dengan nilai signifikan 0,016 hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kedua kelas setelah diberikan perlakuan. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TPS dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah juga didukung dengan nilai uji n-gain yang menunjukkan nilai 0,33 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen. Kemudian dengan uji effect size juga menunjukkan hasil yang serupa dengan nilai 0,63 kategori sedang. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.
67-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA PUR K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain