PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

DISA WAHYU PURNAMA - Nama Orang;

ABSTRAK
Purnama, W. D. 2024. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran TPS, Kontekstual, Keterampilan Pemecahan MasalahPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) untuk dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah sangat penting bagi siswa untuk dapat menyelesaikan masalah, khususnya masalah IPA. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan jenis non equivalent control group design. Metode penelitian ini dilakukan dengan membandingkan antara dua kelas yang dipilih secara purposive sampling. Kelas yang dipilih merupakan kelas dengan kemampuan awal yang sama. Dibuktikan dengan dilakukannya metode independent sample t-test pretest yang menunjukkan nilai signifikan 0,596 dengan taraf signifikan 0,05 sehingga tidak adanya perbedaan kemampuan awal kedua kelas sebelum diberi perlakuan. Kemudian Independent Sample t-test untuk posttest dengan nilai signifikan 0,016 hal ini menunjukkan bahwa adanya perbedaan antara kedua kelas setelah diberikan perlakuan. Perbedaan tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe TPS dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Peningkatan keterampilan pemecahan masalah juga didukung dengan nilai uji n-gain yang menunjukkan nilai 0,33 dengan kategori sedang pada kelas eksperimen. Kemudian dengan uji effect size juga menunjukkan hasil yang serupa dengan nilai 0,63 kategori sedang. Dengan demikian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah.


Ketersediaan
67-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA PUR K 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUR K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVI;170HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik