Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY BERBANTUAN VIRTUAL LAB UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS PADA MATERI UNSUR, SENYAWA DAN CAMPURAN DI SMP NEGERI 10 MAGELANG
ABSTRAK
Utami, D. R. 2024.”Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Virtual Lab Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Pada Materi Unsur, Senyawa dan Campuran Di SMP Negeri 10 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S. Pd., M. Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin S. Pd, M. Pd.
Kata Kunci : Keterampilan berpikir kritis, Guided Inquiry, Virtual LabKeterampilan berpikir kritis ialah suatu keterampilan menganalisis permasalahan serta menemukan solusi untuk menyelesaikan suatu permasalahan tersebut. Keterampilan berpikir kritis sangat penting bagi siswa. Pentingnya keterampilan berpikir kritis bertolak belakang dengan kondisi yang ada. Model Guided Inquiry berbantuan virtual lab dapat membantu meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain quasi experimental design. Bentuk desain pada penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 10 Magelang dengan sampel yaitu dua kelas. Instrumen tes yang digunakan yaitu dengan soal berbentuk uraian yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, Uji Independet Sample T-test dan Uji N-Gain.
70-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA UTA P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain