Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS DIFERENSIASI PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KOMUNIKASI ILMIAH SISWA
ABSTRAK
Indarwati, Ida. 2024. “Implementasi Model Inkuiri Terbimbing Berbasis Diferensiasi Proses untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Komunikasi Ilmiah Siswa”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata kunci: Inkuiri terbimbing, diferensiasi proses, hasil belajar kognitif, dan komunikasi ilmiahHasil belajar kognitif merupakan salah satu acuan penting dalam menentukan keberhasilan suatu model pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan yang dimiliki siswa. Namun, hasil analisis data ASAS yang diperoleh dari Guru IPA Kelas VIII SMP Negeri 3 Magelang memberikan informasi bahwa hasil belajar kognitif pada siswa SMP Negeri 3 Magelang masih tergolong rendah. Penyebabnya yaitu model pembelajaran yang diterapkan belum memfasilitasi heterogenitas gaya belajar siswa. Selain itu, hasil wawancara juga menyebutkan bahwa kemampuan komunikasi ilmiah siswa belum pernah diamati dan diukur secara spesifik sebab guru lebih memfokuskan mengukur hasil belajar kognitif. Padahal, komunikasi ilmiah merupakan suatu keterampilan yang dibutuhkan pada abad 21 dan memiliki peran penting dalam menyampaikan dan memahami informasi ataupun argumentasi ilmiah. Permasalahan mengenai kemampuan kognitif dan komunikasi ilmiah siswa dapat diatasi dengan model inkuiri terbimbing berbasis diferensiasi proses.Tujuan pada riset ini yaitu untuk menganalisis perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif dan komunikasi ilmiah setelah siswa memperoleh pembelajaran dengan model inkuiri terbimbing berbasis diferensiasi proses.
68-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA IND I 2024 | My Library (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain