PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA

LUTHFIYA SHAFRINA ZUNDANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Zundani, Luthfiya Shafrina. 2024. “Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan kolaborasi, abad-21Keterampilan kolaborasi menjadi keterampilan yang penting pada Abad 21 yang perlu dikembangkan. Keterampilan kolaborasi merupakan suatu keterampilan yang dilakukan dengan bekerja sama secara berkelompok dimana beberapa individu digabungkan bersama dengan anggota kelompoknya untuk mencapai tujuan. Namun, pentingnya keterampilan kolaborasi tidak sesuai dengan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa keterampilan kolaborasi siswa cenderung masih terabaikan. Selain itu, kondisi yang ada di SMP Negeri 7 Kota Magelang menunjukkan keterampilan kolaborasi siswa yang masih rendah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Magelang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Magelang dan sampelnya yaitu kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dan lembar observasi yang telah di uji validitasnya.


Ketersediaan
69-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA ZUN K 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ZUN K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;210HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik