Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI SISWA
ABSTRAK
Zundani, Luthfiya Shafrina. 2024. “Keefektifan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M. Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: pembelajaran berbasis masalah, keterampilan kolaborasi, abad-21Keterampilan kolaborasi menjadi keterampilan yang penting pada Abad 21 yang perlu dikembangkan. Keterampilan kolaborasi merupakan suatu keterampilan yang dilakukan dengan bekerja sama secara berkelompok dimana beberapa individu digabungkan bersama dengan anggota kelompoknya untuk mencapai tujuan. Namun, pentingnya keterampilan kolaborasi tidak sesuai dengan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa keterampilan kolaborasi siswa cenderung masih terabaikan. Selain itu, kondisi yang ada di SMP Negeri 7 Kota Magelang menunjukkan keterampilan kolaborasi siswa yang masih rendah. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa keterampilan kolaborasi dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL).Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa di SMP Negeri 7 Kota Magelang.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 7 Kota Magelang dan sampelnya yaitu kelas VII C sebagai kelas kontrol dan VII E sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dan lembar observasi yang telah di uji validitasnya.
69-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA ZUN K 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain