Text
SKRIPSI ANALISIS PERUBAHAN KETERAMPILAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA SMP SETELAH PENERAPAN MODEL CASE BASED LEARNING (CBL) BERBANTU TUGAS OPEN ENDED
ABSTRAK
Amirul, Muhamad Ardi. 2024. “Analisis Perubahan Keterampilan Kreativitas Ilmiah Siswa SMP setelah Penerapan Model Case Based Learning (CBL) Berbantu Tugas Open Ended”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata Kunci: case based learning, tugas open ended, kreativitas ilmiahKreativitas ilmiah menjadi salah satu kemampuan penting untuk bertahan hidup di abad ke 21 serta termasuk ke dalam satu capaian khusus yang mencirikan profil pelajar pancasila. Pentingnya kreativitas ilmiah nyatanya tidak sejalan dengan fakta di lapangan bahwa tingkat kreativitas ilmiah siswa di Indonesia masih tergolong rendah yang tercermin dari hasil temuan Global Creativity Indexs dan PISA. Salah satu model yang dinilai mampu meningkatkan kreativitas ilmiah siswa yakni model Case Based Learning (CBL), untuk meningkatkan pengaruh model tersebut terhadap siswa maka model tersebut dipadukan dengan tugas open ended. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas ilmiah siswa serta perubahan kreativitas ilmiah siswa SMP setelah diterapkannya model CBL berbantu tugas open ended. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kombinasi (mixed method) dengan model kombinasi berupa concurrent triangulation. Adapun desain penelitian untuk skema kuantitatif menggunakan pre eksperimental dengan bentuk one group pretest and posttest design, sementara desain penelitian untuk skema kualitatif dilakukan dengan triangulasi data di mana melalui triangulasi teknik dalam bentuk tes dan wawancara. Instrumen penelitian berupa tes kreativitas ilmiah bentuk uraian sejumlah total 12 soal yang telah lolos uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data kuantitatif dilakukan dengan uji paired sample t-test serta uji N-gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai signifikansi untuk uji paired sample t-test 0,000 < 0,05, artinya terdapat beda signifikan antara keterampilan kreativitas ilmiah siswa sebelum dan setelah penerapan model CBL berbantu tugas open ended. Selain itu, melalui uji N-gain diketahui besar peningkatan kreativitas ilmiah yang terjadi yakni 0,42, artinya peningkatan yang terjadi tergolong sedang. Adapun perubahan pola yang terjadi sejumlah enam pola yakni kompilasi menjadi inkubasi, kompilasi menjadi verifikasi, kompilasi menjadi koherensi, inkubasi menjadi verifikasi, inkubasi menjadi koherensi, serta verifikasi menjadi koherensi. Sehingga, dapat diambil simpulan secara umum bahwa model CBL berbantu tugas open ended dapat meningkatkan kreativitas ilmiah yang ditandai dengan perubahan pola kreativitas ilmiah pada tiap siswa.
71-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA AMI A 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain