Text
SKRIPSI PENGARUH CO-BRANDING SEPATU COMPASS X NEIGHBORHOOD TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWERS @SEPATUCOMPASS DENGAN E-WOM SEBAGAI VARIABEL MODERASI
ABSTRAK
(Risqi Ardiyansyah, 2024) PENGARUH CO-BRANDING SEPATU COMPASS X NEIGHBORHOOD TERHADAP MINAT BELI PADA FOLLOWERS @SEPATUCOMPASS DENGAN E-WOM SEBAGAI VARIABEL MODERASI Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univeristas Tidar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peran E-WOM di media sosial yang dapat mempengaruhi sikap seseorang dalam keputusan pembelian dan teori respon kognitif yang mempunyai asumsi audiens aktif terlibat dalam menerima informasi berdasarkan pengetahuan dan sikap yang mereka miliki sebelumnya. Seperti pada brand Sepatu Compass sering mendapatkan ulasan dari pengguna Instagram. Selain itu brand Sepatu Compass juga gencar melakukan Co-Branding salah satunya dengan Neighborhood yang mendapatkan pro dan kontra dari pengikutnya. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Co-Branding Sepatu Compass X Neighborhood terhadap minat beli pada followers @sepatucompass dengan E-WOM sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini merupakan followers akun Instagram @sepatucompass, sedangkan sampel pada penelitian ini diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik inferensial. Untuk menguji hipotesis menggunakan teknik regresi linear sederhana dan uji interkasi yang menggunakan uji T dan uji koefisien determinasi (R2). Dari hasil penelitian yang didapat, menyatakan bahwa terdapat pengaruh sebesar 70,2% antara Co-Branding Sepatu Compass X Neighborhood terhadap minat beli dengan E-WOM sebagai variabel moderasi. Dalam penelitian ini, E-WOM mempengaruhi sikap followers terhadap kolaborasi yang dilakukan sehingga berpengaruh terhadap minat beli yang condong ke minat eksploratif.
Kata Kunci: Co-Branding, E-WOM, Instagram, Minat Beli, Teori Respon Kognitif.
30-UN57.U1-SIK-VIII-2024 | KOMUNIKASI ARD P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain