Text
SKRIPSI PENGARUH USER GENERATED CONTENT PADA AKUN TIKTOK @HUNDJI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GEN Z
ABSTRAK
(Della Natta Santosa, 2024) PENGARUH USER GENERATED CONTENT PADA AKUN TIKTOK @HUNDJI TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GEN Z Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Univeristas Tidar Penelitian ini diangkat dari adanya fenomena racun Tiktok yang hadir karena banyaknya pengguna Tiktok yang membuat konten mengenai review produk. Fenomena tersebut membuat fungsi dari UGC yang dulunya sebagai konten organik karena memiliki nilai kejujuran yang lebih tinggi tanpa ada motif ekonomi kini beralih fungsi sebagai konten yang mempersuasi dan mengarahkan keputusan pembelian demi kepentingan konten kreator itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh User Generated Content pada akun Tiktok @hundji terhadap perilaku konsumtif gen Z. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori S-O-R. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis survei berupa kuesioner. Populasi pada penelitian ini merupakan followers akun Tiktok @hundji, sedangkan sampel pada penelitian ini adalah gen Z pada followers akun Tiktok @hundji yang diambil menggunakan teknik random sampling sebanyak 100 responden. Dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data statistik inferensial dengan regresi linear sederhana. Uji T digunakan untuk menguji hipotesis dan uji koefisien determinasi (R2) digunakan untuk melihat besarnya pengaruh antar variabel. Dari hasil penelitian yang di dapat, menyatakan bahwa terdapat pengaruh sebesar 78,4% antara User Generated Content pada akun Tiktok @hundji terhadap Perilaku Konsumtif Gen Z. Dalam penelitian ini, perilaku konsumtif gen Z dipengaruhi oleh User Generated Content Tiktok @hundji karena dianggap memiliki kualitas konten yang tinggi, memberikan informasi yang objektif dan menunjukkan relevansi yang meyakinkan gen Z.
Kata Kunci: User Generated Content, Perilaku Konsumtif, Tiktok, Teori S-O-R, Gen Z
31-UN57.U1-SIK-VIII-2024 | KOMUNIKASI SAN P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain