Text
SKRIPSI KOMPARASI EFEKTIVITAS IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PENGGEMAR DAN NON PENGGEMAR STRAY KIDS (Studi pada iklan ULTRA MILK X STRAY KIDS: SHOW YOUR #iamULTRAoddinary)
Abstrak
Budaya populer Korea yang merajalela memperoleh banyak reaksi positif dari dunia, termasuk Indonesia. Biasanya karena budaya populer Korea terlihat disukai oleh semua kelompok masyarakat, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Ultra Milk memanfaatkan fenomena FOMO yang kerap terjadi di kalangan remaja, bahkan orang dewasa. Dengan memunculkan Stray Kids sebagai bintang pada iklan produknya, memungkinkan terjadi peningkatan penjualan dan brand image yang diperoleh oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar dan apakah ada perbedaan efektivitas iklan Ultra Milk X Stray Kids: Show Your #iamULTRAoddinary terhadap keputusan pembelian penggemar dan non penggemar Stray Kids. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang diambil yaitu penggemar dan non penggemar Stray Kids di kota Bandung dengan jumlah 100 sampel. Penelitian ini menggunakan satu variabel independent yaitu Efektivitas Iklan (X) dan satu variabel dependen yaitu Keputusan Pembelian (Y). Data yang digunakan pada penelitian ini adalah data primer berupa kuesioner dan data sekunder berupa studi pustaka. Metode penelitian (kebalik) ini menggunakan kuantitatif dan menguji EPIC model (tuliskan ini adalh teori). Hasil dari resgresi linear sederhana pada dimensi EPIC Model menyatakan bahwa efektivitas iklan memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian penggemar dan non penggemar Stray Kids. Kemudian berdasarkan uji independent sample t-test menyatakan bahwa terdapat perbedaan efektivitas iklan terhadap keputusan pembelian antara penggemar dan non penggemar Stray Kids.
Kata kunci: Stray Kids, Ultra Milk, Efektivitas Iklan, Keputusan Pembelian, Iklan kolaborasi, Brand ambassador
38-UN57.U1-SIK-IX-2024 | KOMUNIKASI MAS K 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain