Text
SKRIPSI PENGARUH MARKETING PUBLIC RELATIONS TERHADAP REPUTASI MCDONALD’S DALAM GERAKAN LARANGAN PENGGUNAAN PRODUK PRO-ISRAEL
ABSTRAK
McDonald’s merupakan perusahaan fast food terbesar di dunia yang dimulai dari tahun 1955. McDonald’s pertama kali masuk ke negara Indonesia sejak tahun 1991. Kini, McDonald’s telah memiliki sekitar 300.000 gerai di berbagai wilayah Indonesia. Ditengah perjalanan bisnisnya, McDonald’s memiliki hambatan yang diakibatkan oleh gerakan larangan penggunaan produk pro-Israel. Hal ini dapat mengakibatkan keterancaman reputasi McDonald’s Indonesia. Oleh karena itu, tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menjelaskan pengaruh marketing public relations terhadap reputasi McDonald’s dalam gerakan larangan penggunaan produk pro-Israel. Penelitian ini menggunakan teori marketing public relations serta teori reputasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei yang dilakukan kepada 100 responden. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik non probability sampling. Dalam penelitian ini, peneliti menghubungkan teori marketing public relations menurut Thomas L. Harris dengan indikator strategi marketing public relations menurut Kotler & Keller, yaitu identity media, publications, news, events, dan public service activity. Selain itu, peneliti juga menghubungkan teori marketing public relations menurut Thomas L. Harris dengan indikator reputasi menurut Harris-Fombrun, yaitu workplace environment, emotional appeal, products & services, vision & leadership, dan social responsibility. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara marketing public relations terhadap reputasi sebesar 72% dengan selisih 28% dipengaruhi oleh variabel lain.
Kata kunci: marketing public relations, reputasi, McDonald’s
37-UN57.U1-SIK-IX-2024 | KOMUNIKASI ANA P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain