Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ”REKAT NODA KAMPANYE”
ABSTRAK
PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT ”REKAT NODA KAMPANYE”
ANGGITA WIBOWO
Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Tidar
Pemilihan Umum atau Pemilu sudah menjadi bagian dari sistem demokrasi di Indonesia. Meskipun Pemilu sudah rutin dilaksanakan setiap lima tahun sekali di Indonesia, tetap saja pelanggaran dalam proses nya selalu terjadi di berbagai daerah di Indonesia. Lembaga penyelenggara pemilu terus berusaha untuk mengatur sedemikian rupa agar setiap tahapan dalam proses pemilu berjalan dengan baik, salah satunya yaitu Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) yang bertugas mengawasi, melakukan pencegahan, dan menindaklanjuti pelanggaran pemilu. Sebagai bagian dari lembaga penyelenggara pemilu, Bawaslu Kota Magelang berupaya untuk mensosialisasikan salah satu peraturan yang berkaitan dengan kampanye yang dilakukan di fasilitas umum dan lingkungan pendidikan melalui sebuah karya yang diunggah sosial media Instagram dan Youtube dengan target audiens anak muda. Karya ini berupa iklan layanan masyarakat dalam bentuk video yang berdurasi 60 detik. Pemilihan jenis karya dan sarana publikasi dilakukan setelah melakukan riset dan wawancara dengan Bawaslu Kota Magelang. Iklan ini menampilkan tentang pengalaman tokoh yang menemukan pelanggaran dan bagaimana dia menyelesaikan masalahnya. secara tidak langsung iklan ini juga memberitahukan cara untuk melapor ke Bawaslu. Disajikan pula hotline dari Bawaslu Kota Magelang untuk mempermudah proses pelaporan. Penulis sebagai sutradara dalam pembuatan Iklan ini bertanggung jawab dalam proses pra produksi, produksi, dan pasca produksi. Sebagai sutradara, penulis berhak untuk mengambil keputusan dalam pembuatan iklan ini. Ketika terdapat perbedaan antara rancangan dan keadaan lapangan, sutradara harus dapat mencari jalan keluar secara cepat dan bijak. Penulis menerapkan konsep AIDA serta mempertimbangkan faktor- faktor keberhasilan komunikasi persuasif dalam pembuatan karyanya agar menjadi iklan yang baik dan dapat mempersuasi audiens. Dengan demikian, diharapkan karya ini dapat bermanfaat sebagai referensi dalam proses produksi iklan.
Kata Kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Kampanye, Pelanggaran Pemilu, Sutradara.
36-UN57.U1-SIK-IX-2024 | KOMUNIKASI WIB P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain