Text
SKRIPSI PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN PROGRAM FUNTASTIC GEMBUL 3.0 BRAND ROTI GEMBONG GEMBUL
ABSTRAK
(Nadilla Genia Islami, 2024)
PERAN SUTRADARA DALAM PEMBUATAN IKLAN PROGRAM FUNTASTIC GEMBUL 3.0 BRAND ROTI GEMBONG GEMBUL
Jurusan ilmu komunikasi fakultas ilmu sosial dan ilmu politik universitas tidar
Magelang
Iklan program funtastic gembul 3.0 brand roti gembong gembul merupakan media promosi yang digunakan untuk memberikan informasi promo produk brand roti gembong gembul. Secara spesifik iklan ini belum memberikan adanya pemberian promosi dan pengenalan program yang jelas. Sehingga 7 dari 10 orang tidak mengetahui adanya program funtastic gembul 3.0 roti gembong gembul. Tujuan dari karya tugas akhir ini adalah untuk menjelaskan dan mengetahui peran sutradara agar dalam pembuatan iklan dapat memberikan informasi yang dapat diketahui dan sesuai dengan tujuan perusahaan dalam program funtastic gembul 3.0 brand roti gembong gambol. Dalam pembuatan video promosi iklan diperlukan peran sutradara dimulai dari tahap perencanaan produksi, produksi dan sesudah produksi. Tahap perencanaan produksi diawali dengan pemilihan talent, membuat naskah (Director Treatment), casting dan latihan. Pada Tahap produksi, sutradara bertanggung jawab untuk memastikan talent melaukan pengambilan video sesuai naskah yang telah dibuat sebelum produksi, serta mengatur dan memastikan proses shooting berjalan dengan lancar sesuai dengan apa yang telah di rancang sebelumnya. Yang terakhir adalah tahap pasca-produksi, sutradara bertugas untuk mengevaluasi hasil shooting serta melihat proses editing agar hasil produksi karya yang telah dibuat sesuai dengan apa yang direncanakan di tahap perencanaan produksi. Hasil pembahasan analisis dari video iklan funtastic gembul 3.0 brand roti Gembong Gembul sutradara memiliki peran sentral dalam mengembangkan konsep kreatif, mengarahkan alur cerita, dan menggabungkan elemen naratif, informasional, dan promosional dengan efektif. Konsep kreatif yang menggugah perasaan dan mengaitkan karakter Jin Gembul dengan merek produk menjadi elemen penting dalam strategi kreatif iklan.
Kata Kunci : Iklan, Sutradara, Konsep Kreatif
35-UN57.U1-SIK-IX-2024 | KOMUNIKASI ISL P 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain