Text
SKRIPSI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM NYANYI MODAL NYALI PADA MASA PANDEMI DALAM UPAYA MENGUNDANG PARTISIPASI ANGGOTA KOMUNITAS
ABSTRAK
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PROGRAM NYANYI MODAL NYALI PADA MASA PANDEMI DALAM UPAYA MENGUNDANG PARTISIPASI ANGGOTA KOMUNITAS
(Sindi Maulida Nafisah, 2024)
Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi komunikasi pemasaran dilakukan pada program siaran Nyanyi Modal Nyali di Radio Komunitas Swara Konco Ndeso FM. Program ini adalah sebuah program musik karaoke yang berupaya untuk mengundang partisipasi anggota komunitas, khusunya pada masa pandemi Covid-19. Partisipasi adalah bentuk keterlibatan anggota dalam pengelolaan dan sebagai tanda anggota juga merasa memiliki radio komunitas. Program siaran ini berhasil mengundang anggota untuk datang dan kemudian bernyanyi di radio. Melalui metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, paradigma kontruktivis, peneliti melakukan pengambilan data melaui tiga cara: wawancara, observasi, dan dokumentasi, serta melakukan analisis dan mengecek keabsahan data melalui triangulasi. Hasilnya, komunikasi pemasaran dilakukan oleh radio dalam strategi menyiarkan program Nyanyi Modal Nyali. Penggunaan bauran pemasaran program diuraikan sebagai berikut: 1) Product, yaitu bagaimana latarbelakang program yang disesuaikan dengan minat anggota, nama program yang mencerminkan peran radio dalam program, dan cara penyajian program. 2) Price, yaitu biaya dalam produksi program berupa peralatan pribadi yang disewakan, rating program melalui lagu-lagu yang diputar, dan biaya yang dikeluarkan anggota untuk berpartisipasi sebesar Rp 5000,-. 3) Place, yaitu tempat untuk perekaman di studio dengan pemanfaatan layar tv, mikrofon, mixer, dan speaker, cara distribusi nyanyian melalui file rekaman, dan waktu penayangan pada saat primetime. 4) Promotion, yaitu metode mempromosikan program melalui iklan di radio, penggunaan media interaktif grup facebook, dan promosi penjualan berupa pengadaan kontes berhadiah. Melalui penelitian ini, pemasaran program dapat diuraikan melalui bauran pemasaran dan adanya partisipasi berjenjang dari anggota, dimulai dari mendengar, ikut menyanyi, hingga turut dalam pendanaan berupa tarif menyanyi dan pemberian hadiah.
Kata kunci: radio komunitas, partisipasi, pemasaran, Nyanyi Modal Nyali
34-UN57.U1-SIK-VIII-2024 | KOMUNIKASI NAF S 2024 | Ruang Skripsi (KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain