Text
SKRIPSI ANALISIS KETERLAKSANAAN ASESMEN AWAL PEMBELAJARAN PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Perawira, Giovana Rosalia (2024). Analisis Keterlaksanaan Asesmen Awal Pembelajaranpada Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata pelajaran Biologi di SMA Kota Magelang. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar, Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci : Keterlaksanaan asesmen awal pembelajaran, Pembelajaran berdiferensiasi, Faktor yang mepengaruhi.
Keberhasilan penerapan kurikulum merdeka terutama pada implementasi pembelajaran berdiferensiasi bergantung pada keterlaksanaan asesmen awal pembelajaranyang dilaksanakan oleh guru didalam kelas. Asesmen awal pembelajarandigunakan untuk mengidentifikasi kompetensi, keunggulan dan kelemahan peserta didik secara spesifik. Penting untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan asesmen awal pembelajarandisekolah karena menjadi salah satu elemen penting dalam keberhasilan implementasi pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan asesmen awal pembelajaran pada implementasi pembelajaran berdiferensiasi oleh guru biologi serta mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Teknik pengambilan subjek menggunakan metode purposive sampling, yaitu metode yang digunakan sesuai dengan maksud dan tujuan yang telah dipertimbangkan oleh peneliti. Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu guru biologi di SMA Wilayah Magelang dengan sampel 6 sekolahpada masing-masing kecamatan, yaitu 3SMA Negeri dan 3SMA Swasta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi dokumen, pengisian ancgketdan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan skor 60,8%yang masuk pada kategori ”cukup terlaksana” menurut kriteria penskoran Arikunto(2009). Cukup terlaksana artinya terdapat guru yang telah melaksanakan dan beberapa guru yang tidak melaksanakan asesmen awal pembelajaran. Faktor-Faktor yang mempengaruhi keterlaksanaan asesmen awal pembelajarandi SMA Wilayah Kota Magelang yaitu: (1) Profil guru, (2) Kesiapan guru terhadap pelaksanaan asesmen awal pembelajaran, (3) Minimnya referensi pelaksanaan asesmen awal pembelajaran, (4) Kesiapan peserta didik, (5) Keterbatasan waktu, (6) Pelatihan dan sosialisasi secara berkala. Dengan demikian disimpulkan bahwa keterlaksanaan asesmen awal pembelajarandi SMA Kota Magelang masuk dalam kategori ”Cukup Siap” dan didukung oleh faktor-faktor yang melandasi pelaksanaan asesmen awal pembelajaran.
39-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI PER A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain