Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL THINK PAIR SHARE DISERTAI MEDIA TikTok TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA N 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Putri, Rosida Saharani. 2024. “Pengaruh Model Think Pair Share disertai Media TikTok terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi di SMA N 1 Candimulyo”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata kunci: Hasil Belajar Kognitif, Motivasi Belajar, Sistem Ekskresi, TikTok, TPS
Salah satu aspek kualitas pembelajaran yaitu motivasi belajar yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Berdasarkan hasil observasi di SMA N 1 Candimulyo proses pembelajaran masih menerapkan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yang kurang menarik perhatian siswa sehingga menyebabkan motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa menjadi kurang optimal. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh penggunaan model model Think Pair Share (TPS) disertai media TikTok terhadap motivasi belajar siswa SMA N 1 Candimulyo, untuk menganalisis pengaruh penggunaan model TPS disertai media TikTok terhadap hasil belajar kognitif siswa SMA N 1 Candimulyo, dan untuk menganalisis kelayakan media TikTok terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa SMA N 1 Candimulyo. Penelitian ini merupakan mixed methods dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes pilihan ganda, lembar skala motivasi belajar, lembar observasi keterlaksanaan sintaks pembelajaran dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai motivasi belajar akhir siswa kelas yang menerapkan model TPS disertai media TikTok lebih tinggi sebesar 80,61 dibandingkan kelas model konvensional (ceramah) sebesar 74,94. Dari analisis uji Mann Whitney U Test diperoleh signifikansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti H1 diterima atau terdapat perbedaan motivasi belajar siswa yang signifikan antara kelas model TPS disertai media TikTok dan kelas konvensional. Rata-rata nilai post-test hasil belajar kognitif pada kelas model TPS disertai media TikTok lebih tinggi sebesar 80,14 dibandingkan kelas model konvensional (ceramah) sebesar 68,68. Dari analisis uji Mann Whitney U Test diperoleh signifkansi sebesar 0,000 (sig. < 0,05), yang berarti H1 diterima atau terdapat perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang signifikan antara kelas model TPS disertai media TikTok dan kelas konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model TPS disertai media TikTok berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem ekskresi di SMA N 1 Candimulyo.
38-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI PUT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain