Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN DIGITAL MAGAZINE HYPERCONTENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Maulina, Rika. 2024. “Pengembangan Digital Magazine Hypercontent dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Materi Sistem Reproduksi Manusia di SMA Negeri 1 Candimulyo.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd. Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata Kunci: Digital magazine hypercontent, Hasil belajar kognitif, Research and Development (R&D), Sistem Reproduksi Manusia
Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah bahan ajar yang di gunakan guru kurang bervariasi sehingga menyebabkan hasil belajar kognitif siswa kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Digital Magazine Hipercontent materi sistem reproduksi dan menganalisis pengaruhnya terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menurut Borg & Gall (1983). Sesuai dengan model pengembangan dalam penelitian R&D dari Borg dan Gall yang terdiri dari sepuluh tahap. peneliti melakukan penyederhanaan dan pembatasan menjadi 6. Instrumen pengukuran hasil belajar menggunakan pilihan ganda yang terdiri dari 17 soal.
Hasil kelayakan pada aspek media yaitu 80% dan aspek materi 77%. Hasil hipotesis menghasilkan nilai 0,04 < 0,05 untuk hasil pos-test, yang menandakan bahwa terdapat perbedaan setelah menggunakan digital magazine hypercontent. Pada uji N-Gain peningkatan terjadi sebesar 0,6% dikarenakan penggunaan media. Oleh karena itu, Digital magazine hypercontent layak digunakan, berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Digital magazine hypercontent yang berisi materi sistem reproduksi. layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi. Digital magazine hypercontent juga berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas XI karena memiliki nilai N-Gain sebesar 0,61 yang artinya setelah siswa menggunakan Digital magazine hypercontent yang dikembangkan, hasil belajar kognitif siswa mengalami kenaikan dengan kategori sedang.
37-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI MAU P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain