Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN ANIMASI PADA MATERI TAHAPAN PERKEMBANGAN MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SMALB SLB N KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Nurrohmah, Lailia. 2024 “Pengembangan Video Pembelajaran Animasi Pada Materi Tahapan Perkembangan Manusia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMALB SLB N Kota Magelang” Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari C.K., M.Sc
Kata Kunci : Motivasi Belajar, Tunarungu, Video Pembelajaran Animasi.
Pendidikan saat ini telah memasuki era digital yang memungkinkan pelaksanaan pembelajaran berbasis "cyber" atau dunia maya. Pendidikan yang berkualitas dalam pemanfaatan teknologi dapat berpengaruh dalam kemajuan dunia pendidikan dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa. Salah satu mata pelajaran yang memerlukan integrasi teknologi adalah biologi. Biologi umumnya diakui menjadi mata pelajaran yang sulit dipahami siswa, karena banyak menggunakan bahasa ilmiah. Kesulitan ini juga dialami oleh siswa berkebutuhan khusus, terutama siswa tunarungu yang menghadapi tantangan tambahan dalam memahami bahasa dan istilah rumit. Di SMALB SLBN Kota Magelang belum tersedia inovasi sumber belajar atau media yang memadai sesuai dengan kebutuhan siswa. Media belajar yang biasanya digunakan kurang menarik dan menjadikan siswa mudah bosan sehingga dapat memicu menurunnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan video pembelajaran animasi dalam materi tahapan perkembangan manusia fase E tunarungu SMALB dan menganalisis keefektifannya dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) melalui model 4-D (define, design, development, disseminate). Pada tahap implementasinya peneliti menggunakan desain pre-experimental melalui jenis one group pretest posttest. Media yang dikembangkan diuji kepada 8 peserta didik tunarungu fase E SMALB SLB N Kota Magelang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas video pembelajaran animasi sangat layak digunakan sebagaimana hasil validasi ahli media serta ahli materi. Hasil validasi ahli media didapat rerata persentase sebesar 86% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli materi didapat rerata persentase sejumlah 81% pada kriteria sangat valid. Video pembelajaran animasi terbukti efektif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tunarungu SMALB SLB N Kota Magelang, karena nilai rerata N-gain sejumlah 0,53 pada kategori sedang. Dengan demikian, video pembelajaran animasi yang telah dikembangkan layak digunakan menjadi alternatif media pembelajaran untuk materi tahapan perkembangan manusia sesuai dengan kebutuhan dan kondisi khusus siswa serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tunarungu.
35-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI NUR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain