Text
SKripsi PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DOMINO CARD BERBASIS TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA MATERI SISTEM INDRA DAN PENGARUHNYA TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Fatkhi, Emi Nuril. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Domino Card Berbasis Teams Games Tournament (TGT) Pada Materi Sistem Indra dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata Kunci: domino card, hasil belajar kogntif, media pembelajaran, sistem indra, TGT
Materi sistem indra pada pembelajaran biologi mencakup banyak pokok bahasan sehingga siswa kesulitan dalam memahami materi secara keseluruhan. Kondisi demikian dikarenakan media pembelajaran belum bervariasi dan kurang menarik. Sebagai solusinya, maka dikembangkanlah media pembelajaran domino card berbasis Teams Games Tournament dengan harapan dapat berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian yaitu menganalisis kelayakan media pembelajaran domino card berbasis Teams Games Tournament pada materi sistem indra. Selain itu, penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh implementasi media pembelajaran domino card berbasis TGT terhadap hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model penelitian ADDIE dan pre-experimental design. Tahapan penelitian dimulai dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, yang terakhir evaluasi. Instrumen yang digunakan untuk menganalisis kelayakan media domino card menggunakan angket validasi, sedangkan untuk menganalisis pengaruh media pada hasil belajar kognitif siswa membutuhkan instrumen tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini adalah (1) Hasil validasi kelayakan media dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan persentase 94% dan dikategorikan sangat layak, sedangkan hasil validasi kelayakan oleh ahli media memperoleh skor rata-rata 4,0 dengan persentase 80,6% dan dikategorikan layak. (2) Media pembelajaran domino card berbasis TGT berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang memperoleh nilai Sig. (2-tailed) 0,000 atau < 0,05, maka H0 ditolak. Kesimpulannya, media pembelajaran domino card berbasis TGT pada materi sistem indra sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dan berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa. Pengembangan media domino card berbasis TGT dapat menjadi inovasi media pembelajaran biologi.
41-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI FAT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain