Text
SKRIPSI EVALUASI KINERJA PELAYANAN DAN FASILITAS TERMINAL TIPE B DI PURBALINGGA (STUDI KASUS TERMINAL PURBALINGGA)
INTISARI
Terminal Purbalingga yang terletak di Purbalingga, Jawa Tengah yakni terminal penumpang tipe B melayani kendaraan umum berupa angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Angkutan Kota (Angkot), dan Angkutan Pedesaan (Angkudes). Terdapat permasalahan di terminal berupa angkutan AKDP yang menaik turunkan penumpang di luar terminal atau di pinggir jalan dan adanya fasilitas dimana belum selaras pada standar di Terminal Purbalingga. Maka tujuan penelitian ini, yakni mengevaluasi kinerja pelayanan serta fasilitas Terminal Purbalingga. Evaluasi kinerja pelayanan dan fasilitas di Terminal Purbalingga dilakukan dengan menganalisis kesesuaian fasilitas berdasarkan standar terminal tipe B dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 40 Tahun 2015 dan penyebaran kuesioner bagi pengguna yang kemudian dianalisis menggunakan metode Matriks IPA, Matriks IFE, dan Matriks EFE. Hasil penelitian menunjukkan terdapat fasilitas yang belum sesuai standar di Terminal Purbalingga. Berdasarkan metode Matriks IPA diperoleh nilai kesesuaian (Tki) untuk penumpang dan pengemudi sebesar 79,66% dan 64,02%. Sementara berdasarkan metode Matriks IFE dan Matriks EFE diperoleh sebesar 2,94 dan 3,00. Hasil tersebut memposisikan Terminal tipe B Purbalingga masuk sel II melalui strategi tumbuh serta membangun (growth and build) melalui pengembangan fasilitas serta pelayanan Terminal tipe B Purbalingga.
Kata Kunci : Terminal, IPA (Importance Performance Analysis), IFE (Internal Factor Evaluation), EFE (External Factor Evaluation), Kinerja
70-UN57.U1-STS-VIII-2024 | SIPIL FIT E 2024 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain