Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS DISCOVERY LEARNING BERBANTUAN AUGMENTED REALITY PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SISWA
ABSTRAK
Ikrima. Amilia. 2024. “Pengembangan Modul Pengembangan Modul Berbasis Discovery learning Berbantuan Augmented reality Pada Materi Bumi dan Tata Surya Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata kunci: Modul, Discovery learning, Augmented reality, Penguasaan konsepPenguasaan konsep merupakan kemampuan untuk memahami suatu teori dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penguasaan konsep IPA merupakan kemampuan kognitif siswa untuk memahami dan menguasai konsepkonsep IPA, namun penguasaan konsep siswa di Indonesia masih rendah. Berdasarkan nilai Ujian Nasional tahun 2019 mata Pelajaran IPA memperoleh nilai 48,79 dan mendapat peringkat kedua terbawah dari pelajaran lainnya. Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan dengan guru SMP Negeri 7 Magelang menunjukan beberapa kendala diantaranya rendahnya penguasaan konsep siswa ditunjukan dengan nilai Asesmen Sumatif Tengah Semester yang nilainya di bawah Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran. Permasalahan lain yang muncul yaitu bahan ajar masih kurang untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Salah satu materi yang sulit dipahami oleh siswa adalah bumi dan tata surya. Siswa kesulitan terutama dalam mengamati benda langit, menentukan gerhana, dan gerak bumi.Permasalahan yang ditemukan dapat diatasi dengan cara mengembangkan inovasi bahan ajar IPA yaitu Modul berbasis discovery learning berbantuan augmented reality pada materi bumi dan tata surya untuk meningkatkan penguasaan konsep siswa. Tujaun dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan modul dan keefektivan modul yang diimplementasikan di SMP Negeri 7 Magelang.Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Uji validitas modul berbasis discovery learning berbantuan augmented reality dilakukan oleh 5 orang validator. Uji keefektivan modul dilakukan dengan pretest dan posttest.
82-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA IKR P 2024 | Ruang Skripsi (IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain