Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 1 MERTOYUDAN
ABSTRAK
Pranata, Gigih Bayu. (2024). “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajarana Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan”. Skripsi. Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd.
Implementasi Kurikulum Merdeka terdiri dua tahapan yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Proses perencanaan dan pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka dapat menimbulkan persepsi, baik positif maupun negatif di kalangan peserta didik. Penelitian ini berusaha mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, serta persepsi peserta didik terhadap implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan.
Penelitian tentang implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan memiliki tujuan yaitu (1) memperoleh deskripsi perencanaan implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan, (2) memperoleh deskripsi pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan, dan (3) memperoleh deskripsi persepsi peserta didik terhadap implemenntasi Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Mertoyudan.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, angket / kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Kurikulum Merdeka baik itu tahap perencanaan dan pelaksanaan sesuai dengan tahapan implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan yaitu tahap berkembang di SMA Negeri 1 Mertoyudan. Tahap berkembang yaitu sekolah melakukan modifikasi terhadap kebijakan yang dibuat pemerintah. Proses perencanaan dan pelaksanaan terdapat beberapa hal yang menjadi hambatan. Pengimplementasian Kurikulum Merdeka pada pembelajaran Bahasa Indonesia menimbulkan persepsi dari peserta didik. Adapun persepsi tersebut berupa persepsi positif dan negatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat dijadikan sebagai bahan evaluasi bagi sekolah terhadap implementasi Kurikulum Merdeka sehingga dapat meningkatkan status tahapan pengimplementasian Kurikulum Merdeka untuk mencapai tahap mahir.
Kata Kunci : Implementasi, Kurikulum, Bahasa Indonesia
72-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA PRA I 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain