PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA ISU SOSIOSAINTIFIK

ALFIYATUN SHOLIAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Sholiah, Alfiyatun. 2024. “Efektivitas aModell pembelajarann Berbasiss Masalahh dalamm Meningkatkann Kemampuann Pemecahann Masalahh danm Keterampilann Berpikirr Kritiss Siswaa Pada Isu Sosiosaintifk”. Skripsi. Programm Studii Pendidikann IPAa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikann Universitass Tidar. Pembimbingg I Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbingh II Rina Rahayu, M.Pd.,”
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Pemecahan masalah, dan Berpikir Kritis,Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis ialah kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa, maka dari itu siswa akan terbiasa mengatasi permasalahan yang ada pada kehidupan. Akan tetapi, berdasarkan hasil Programer for International Students Assesment (PISA), Trends in Internatonal Mathematics and Science Study (TIMSS) menyatakan bahwa kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah dan hasil rata-rata ulangan siswa yang belum mencapai KKM yaitu 65,13, sementara KKM untuk mata pelajaran IPA di SMP Negeri 2 Muntilan adalah 80. Salah satu model pembelajaran yang sesuai untuk dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan berpikir kritis yaitu model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini memiliki tujuan agar dapat mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pengaplikasian model pembelajaran berbasis masalah, mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa dengan pengaplikasikan model pembelajaran berbasis masalah, dan melihat ada tidaknya pengaruh keterampilan berpikir kritis terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan model pembelajaran berbasis masalah. Desain penelitian menggunakan nonequivalent control group desaign. Hasil penelitian menyatakan bahwa uji independent sample t-test kemampuan pemecahan masalah pada kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol signifikansinya 0,047 < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan hasil uji independent sample t-test keterampilan berpikir kritis kelas kontrol dan kelas eksperimen signifikansinya 0,004< 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka dapat dikatakan bahwa keterampilan berpikir kritis berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kesimpulan dari penelitian ialah model pembelajaran berbasis masalah efektif meningkatakan kemampuan pemecahan masalahi siswa, modeli pembelajaranm berbasism masalahe efektif meningkatkan
keterampilan mempengaruhi berpikir kritis siswa, keterampilan berpikir kritis dapat model
kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pembelajaran berbasis masalah.


Ketersediaan
72-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA SHO E 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SHO E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;158HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik