Text
SKRIPSI STRUKTUR KEPRIBADIAN DAN MEKANISME PERTAHANAN TOKOH-TOKOH DALAM NOVEL LEIDEN KARYA DWI NUR RAHMAWATI DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR MATERI TEKS NARASI DI SMP
ABSTRAK
Audita, Erni. 2024. Struktur Kepribadian dan Mekanisme Pertahanan Tokoh-Tokoh dalam Novel Leiden karya Dwi Nur Rahmawati dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Narasi di SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Liana Shinta Dewi, S.S., M.A., Pembimbing II Muhammad Nur Hanif, M.A.
Penelitian berjudul “Struktur Kepribadian dan Mekanisme Pertahanan Tokoh- Tokoh dalam Novel Leiden karya Dwi Nur Rahmawati dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Materi Teks Narasi di SMP” dilatarbelakangi oleh kompleksitas kepribadian dan mekanisme pertahanan pada tokoh-tokoh dalam novel Leiden. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana struktur kepribadian dan mekanisme pertahanan tokoh-tokoh di dalam novel Leiden. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur kepribadian dan mekanisme pertahanan tokoh-tokoh di dalam novel Leiden. Objek penelitian yaitu struktur kepribadian dan mekanisme pertahanan tokoh-tokoh dalam novel Leiden yang dianalisis menggunakan teori Sigmund Freud. Wujud data berupa kata, frasa, kalimat atau narasi yang menggambarkan struktur kepribadian dan mekanisme pertahanan tokoh-tokoh di dalam novel Leiden. Sumber data dan teknik penyediaan data yang digunakan close reading dengan teknik baca dan catat. Metode analisis menggunakan deskripsi analisis dan analisis isi. Hasil analisis ditemukan tokoh Rhea didominasi oleh represi sehingga memiliki karakter yang tenang dan terkendali, Skala didominasi oleh agresi sehingga memiliki karakter emosional, Atlas didominasi oleh rasionalisasi sehingga memiliki karakter rasional, dan Faizan hanya memiliki satu mekanisme pertahanan berupa rasionalisasi sehingga memiliki karakter logis, tetapi kurang fleksibel. Hasil penelitian ini diimplementasikan sebagai bahan ajar Handout Fase D elemen membaca dan memirsa agar peserta didik dapat menelaah gagasan, pikiran, serta pandangan dari unsur-unsur yang terkandung dalam teks narasi secara lisan maupun tulisan. Peserta didik mampu memahami informasi berupa gagasan dan pandangan dari teks narasi untuk menemukan makna tersurat dan tersirat.
Kata kunci: struktur kepribadian, mekanisme pertahanan, Sigmund Freud
83-UN57.U1-SIN-IX-2024 | INDONESIA AUD S 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain