Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN WORDWALL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI DAN PENGUASAAN KONSEP IPA SMP
ABSTRAK
Aprianingsih, Tri. 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Wordwall Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Penguasaan Konsep IPA SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, Penguasaan Konsep IPA, Model STAD, WordwallPermasalahan yang ada pada pembelajaran IPA di SMPN 12 Magelang adalah belum memicu ketertarikan pada siswa sehingga kurang terlibat aktif dikarenakan pembelajaran yang terpusat pada guru. Selain itu, penguasaan konsep masih rendah dan siswa kurang mampu mengaitkan satu konsep dengan konsep lain dengan kalimatnya sendiri. Berdasarkan hasil studi PISA 2018 dan 2022 menunjukkan bahwa Indonesia menempati peringkat 67 dari 81 negara.Terdapat tiga tujuan yakni pertama, menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wordwall untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa. Kedua, menganalisis keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan wordwall untuk meningkatkan penguasaan konsep IPA siswa, dan ketiga, menganalisis pengaruh keterampilan kolaborasi terhadap penguasaan konsep IPA siswa. Penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimen Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian yakni siswa kelas VIII C dan VIII E di SMP Negeri 12 Magelang. Pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner, lembar observasi, dan tes penguasaan konsep.Hasil penelitian dan kesimpulan dalam penelitian bahwa implementasi model pembelajaran STAD berbantuan wordwall efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi. Hasil uji T diperoleh 0,000 dan N-Gain sebesar 0,542 serta hasil lembar observasi lebih dari 60% meningkat di setiap pertemuannya. Kedua, implementasi model pembelajaran STAD berbantuan wordwall efektif meningkatkan penguasaan konsep IPA. Hasil uji T diperoleh 0,000 dan N-Gain sebesar 0,633. Ketiga, Keterampilan kolaborasi berpengaruh terhadap penguasaan konsep IPA. Pengaruh ditunjukkan pada hasil uji regresi linear sederhana dengan signifikansi 0,001 < 0,05. Sementara itu, nilai thitung > ttabel yaitu 3,651 > 2,048 dan terdapat pengaruh sebesar 32,3 % sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Kemudian peneliti memberi saran agar lebih mengkreasikan media wordwall, memperhatikan pendistribusian soal di setiap indikator secara merata, dan mengidentifikasi faktor lainnya.
75-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA APR I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain