Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYCREATIVE-PROCESS (ICP) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA
ABSTRAK
Ameliya, Fina, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Creative process (ICP) Dalam Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Inquiry Creative Process (ICP), Kreativitas IlmiahKreativitas ilmiah siswa saat ini belum mendapatkan perhatian lebih dalam proses pembelajaran IPA. Proses pembelajaran sains seringkali monoton sehingga hasil belajar siswa tidak lagi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inquiry Creative Process (ICP) mampu meningkatkan kreativitas ilmiah siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini berlokasi di SMPN 2 Secang dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Pengujian kreativitas ilmiah dilakukan dengan menggunakan 7 butir soal uraian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry creative process (ICP) terbukti mampu meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Hal ini terlihat dari hasil nilai uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam tes kreativitas ilmiah secara statistik. Hal tersebut dapat terjadi karena pembelajaran dengan model ICP mampu mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah secara kreatif sehingga berpengaruh positif terhadap kreativitas ilmiah siswa. Hasil uji N Gain pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,60 sedangkan kelas kontrol 0,28. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ICP memberikan dampak yang lebih besar dalam peningkatan kreativitas ilmiah siswa.
91-UN57.U1-SI-IX-2024 | IPA AME P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain