PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYCREATIVE-PROCESS (ICP) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ILMIAH SISWA

FINA AMELIYA - Nama Orang;

ABSTRAK
Ameliya, Fina, 2024. “Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Creative process (ICP) Dalam Meningkatkan Kreativitas Ilmiah Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci : Model Pembelajaran, Inquiry Creative Process (ICP), Kreativitas IlmiahKreativitas ilmiah siswa saat ini belum mendapatkan perhatian lebih dalam proses pembelajaran IPA. Proses pembelajaran sains seringkali monoton sehingga hasil belajar siswa tidak lagi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan berpikirnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Inquiry Creative Process (ICP) mampu meningkatkan kreativitas ilmiah siswa.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan tipe nonequivalent control group design. Penelitian ini berlokasi di SMPN 2 Secang dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIID sebagai kelas eksperimen. Pengujian kreativitas ilmiah dilakukan dengan menggunakan 7 butir soal uraian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry creative process (ICP) terbukti mampu meningkatkan kreativitas ilmiah siswa. Hal ini terlihat dari hasil nilai uji independent sample t-test yang mendapatkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan dalam tes kreativitas ilmiah secara statistik. Hal tersebut dapat terjadi karena pembelajaran dengan model ICP mampu mengarahkan siswa untuk memecahkan masalah secara kreatif sehingga berpengaruh positif terhadap kreativitas ilmiah siswa. Hasil uji N Gain pada kelas eksperimen diperoleh nilai sebesar 0,60 sedangkan kelas kontrol 0,28. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ICP memberikan dampak yang lebih besar dalam peningkatan kreativitas ilmiah siswa.


Ketersediaan
91-UN57.U1-SI-IX-2024IPA AME P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA AME P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;172HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik