Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KARTU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN DAYA RETENSI SISWA SMP
ABSTRAK
Maharani, Putri. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Tebak Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Daya Retensi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: retensi, model TGT, hasil belajar kognitif, efektifPenelitian terdahulu menemukan bahwa siswa SMP kesulitan memahami konsep IPA, hal ini ditandai dengan nilai hasil belajar yang rendah. Penyebabnya yaitu guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan inovatif, sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kesulitan termasuk dalam mengingat materi pelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah ketepatan dalam penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dinilai dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Kemudian adanya penggunaan media permainan tebak kartu dalam model pembelajaran TGT dinilai berperan dalam ketahanan retensi siwa. Penelitian ini dijalankan guna untuk mencari tahu efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan media permainan tebak kartu terhadap hasil belajar kognitif dan daya retensi siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eskperimen bentuk non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII D dan VII E di SMP Negeri 6 Magelang. Teknik pengambilan sample yaitu dengan purposive sampling yang mempertimbangkan kesamaan rata-rata nilai hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji Mann Whitney U, uji N-Gain, uji Effect Size, dan uji korelasi Rank Spearman guna mengetahui korelasi atau hubungan antara hasil belajar kognitif dengan daya retensi. Hasil uji Mann Whitney U memberikan hasil bahwa ditemukan perbedaan hasil posttest antara kelas eskperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil sig. 0,000. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan hasil 0,49 dan kelas kontrol menunjukkan hasil 0,42. Uji Effect Size keefektifan model TGT berada pada nilai 0,01. Hasil selanjutnya terkait ketahanan retensi siswa, menunjukkan adanya perbedaan saat dilakukannya uji Mann Whitney U (sig. 0,000). Nilai signifikansi keefektifan penggunaan model TGT berbantuan permainan tebak kartu terhadap ketahanan retensi siswa yaitu sebesar 0,28 untuk retest 1, dan 0,33 untuk retest 2. Hubungan antara hasil belajar kognitif dengan ketahanan retensi siwa yaitu memiliki nilai sig 0,024. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1) penggunana model TGT dengan berbantuan permainan tebak kartu memiliki hasil yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan memiliki hasil yang cukup efektif terhadap daya retensi siswa. (2) terdapat hubungan antara hasil belajar kognif dengan daya retensi siswa.
89-UN57.U1-SI-IX-2024 | IPA MAH K 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain