PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MEDIA PERMAINAN TEBAK KARTU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN DAYA RETENSI SISWA SMP

PUTRI MAHARANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Maharani, Putri. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Permainan Tebak Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif dan Daya Retensi Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, M.Sc.
Kata Kunci: retensi, model TGT, hasil belajar kognitif, efektifPenelitian terdahulu menemukan bahwa siswa SMP kesulitan memahami konsep IPA, hal ini ditandai dengan nilai hasil belajar yang rendah. Penyebabnya yaitu guru tidak menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi dan inovatif, sehingga siswa merasa bosan dan mengalami kesulitan termasuk dalam mengingat materi pelajaran. Oleh karena itu, perlu adanya sebuah ketepatan dalam penggunaan model pembelajaran. Model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dinilai dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Kemudian adanya penggunaan media permainan tebak kartu dalam model pembelajaran TGT dinilai berperan dalam ketahanan retensi siwa. Penelitian ini dijalankan guna untuk mencari tahu efektivitas model pembelajaran TGT berbantuan media permainan tebak kartu terhadap hasil belajar kognitif dan daya retensi siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian quasi eskperimen bentuk non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu kelas VII D dan VII E di SMP Negeri 6 Magelang. Teknik pengambilan sample yaitu dengan purposive sampling yang mempertimbangkan kesamaan rata-rata nilai hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang dipakai yaitu uji Mann Whitney U, uji N-Gain, uji Effect Size, dan uji korelasi Rank Spearman guna mengetahui korelasi atau hubungan antara hasil belajar kognitif dengan daya retensi. Hasil uji Mann Whitney U memberikan hasil bahwa ditemukan perbedaan hasil posttest antara kelas eskperimen dan kelas kontrol yang dibuktikan dengan hasil sig. 0,000. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan hasil 0,49 dan kelas kontrol menunjukkan hasil 0,42. Uji Effect Size keefektifan model TGT berada pada nilai 0,01. Hasil selanjutnya terkait ketahanan retensi siswa, menunjukkan adanya perbedaan saat dilakukannya uji Mann Whitney U (sig. 0,000). Nilai signifikansi keefektifan penggunaan model TGT berbantuan permainan tebak kartu terhadap ketahanan retensi siswa yaitu sebesar 0,28 untuk retest 1, dan 0,33 untuk retest 2. Hubungan antara hasil belajar kognitif dengan ketahanan retensi siwa yaitu memiliki nilai sig 0,024. Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan yaitu: (1) penggunana model TGT dengan berbantuan permainan tebak kartu memiliki hasil yang kurang efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dan memiliki hasil yang cukup efektif terhadap daya retensi siswa. (2) terdapat hubungan antara hasil belajar kognif dengan daya retensi siswa.


Ketersediaan
89-UN57.U1-SI-IX-2024IPA MAH K 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA MAH K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;193HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik