Text
SKRIPSI PENERAPAN MODUL DALAM PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR
ABSTRAK
Nisa, Ulfa Kholifatun (2024) “Penerapan Modul Dalam Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar” Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahun Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.Abad ke-21 merupakan abad dimana dunia akan mengalami perubahan yang pesat dalam segala aspek kehidupan. Pembelajaran abad 21 siswa dilatih untuk memiliki keterampilan yang akan berguna bagi masa depan. Keterampilan abad 21 atau keterampilan 4C yang didalamnya salah satunya keterampilan berpikir kritis, keterampilan ini merupakan keterampilan yang hendak di capai dan tercantum pada kurikulum 2013. Akan tetapi, berdasarkan studi pendahuluan yang telah dilakukan diketahui bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII masih tergolong rendah dengan hasil belajar masih banyak dibawah KKM.Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimental design dengan bentuk desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII sampel yang digunakan sebanyak 42 siswa yang diperoleh melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes tertulis, dimana instrumen tes yang digunakan berupa soal uraian untuk kemampuan berpikir kritis dan soal pilihan ganda untuk hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat, analisis peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar, uji Mann Whitney U Test dan uji N-Gain.Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar sebesar 0,000 yang mengindikasikan terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan modul dalam pembelajaran inkuiri terbimbing. Uji N-Gain kemampuan berpikir kritis menunjukkan pada kelas eksperimen sebesar 0,65 dengan kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,32 dengan kategori sedang. Hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 0,57 dan kelas kontrol sebesar 0,18 dengan kategori rendah. Pada kelas yang menggunakan modul dalam pembelajaran inkuiri terbimbing mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar menggunakan modul dalam pembelajaran inkuiri terbimbing.
Kata Kunci: Modul, Pembelajaran Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Bepikir Kritis, Hasil Belajar
88-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA NIS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain