Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENCIPTA PUISI DENGAN METODE THINK TALK WRITE (TTW) MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN JENGA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Handayani, Isti. 2024. “Pengembangan Model Pembelajaran Mencipta Puisi dengan Metode Think Talk Write (TTW) menggunakan Media Pembelajaran Jenga untuk Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, M.Pd.
Kata Kunci: media Jenga, mencipta, metode Think Talk Write (TTW), model pembelajaran, puisi.
Berdasarkan survei awal di SMP Negeri 4 Magelang, 18 dari 32 siswa masih menunjukkan hasil kurang maksimal dalam menulis puisi. Hal tersebut terlihat dari nilai yang diperoleh siswa belum memenuhi Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP), yaitu 75. Selain itu, model, metode, dan media pembelajaran yang digunakan kurang menarik minat siswa untuk memperoleh ide. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan mengembangkan model pembelajaran yang menyesuaikan kebutuhan pengembangan menurut persepsi siswa dan guru, yaitu model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga. Tujuan penelitian, yaitu (1) memperoleh deskripsi kebutuhan pengembangan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga untuk siswa kelas VIII SMP. (2) memperoleh prinsip-prinsip pengembangan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga untuk siswa kelas VIII SMP. (3) mengembangkan prototipe berupa buku panduan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) beserta media pembelajaran Jenga. Metode penelitian ini adalah Research and Development (R&D) oleh Dick and Carry dengan menyesuaikan kondisi saat penelitian dan kebutuhan pengembangan guru serta siswa sehingga langkah penelitian menjadi ADD, yaitu Analysis, Design, Development. Teknik pengumpulan data berupa studi kepustakaan, wawancara, penyebaran angket kuesioner kebutuhan pengembangan model pembelajaran, serta angket uji kelayakan oleh ahli. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menghasilkan beberapa hal, yaitu sebagai berikut: (1) dibutuhkan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga. (2) Menghasilkan prinsipprinsip pengembangan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga untuk siswa kelas VIII SMP. (3) Menghasilkan prototipe desain berupa buku panduan model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) beserta media pembelajaran Jenga. Hasil uji kelayakan untuk buku panduan model pembelajaran mencipta puisi sebesar 3,76 dan ahli materi sebesar 3,8 terkategori layak dengan sebagian revisi. Simpulan dari penelitian ini, yaitu prototipe model pembelajaran mencipta puisi dengan metode Think Talk Write (TTW) menggunakan media pembelajaran Jenga layak dan dapat digunakan guru sebagai alternatif dalam pembelajaran mencipta puisi. Dengan memakai model pembelajaran tersebut diharapkan siswa menjadi lebih tertarik untuk mencipta puisi dan pembelajaran terasa lebih menyenangkan. Saran untuk peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran yang telah dikembangkan.
71-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA HAN P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain