PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI JENIS TINDAK TUTUR PERLOKUSI DALAM IKLAN DI YOUTUBE DAN IMPLEMENTASINYA SEBAGAI BAHAN AJAR TEKS IKLAN DI SMP

AGHATA DWI ZESHARITA - Nama Orang;

ABSTRAK
Dwizesharita, Aghata. 2024. “Jenis Tindak Tutur Perlokusi dalam Iklan di Youtube dan Implementasinya sebagai Bahan Ajar Teks Iklan di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mursia Ekawati, M.Hum., Pembimbing II Dr. Mimi Mulyani, M.Hum.
Kata Kunci: tindak tutur perlokusi, iklan, youtube, teks iklan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kebahasaan, yaitu ditemukan adanya tindak tutur perlokusi dalam iklan di Youtube. Desain penelitian yang digunakan, yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode simak dengan teknik catat. Teknik analisis data menggunakan metode padan pragmatis dengan teknik pilah unsur penentu (PUP) dan dilanjutkan dengan teknik lanjutan, yaitu hubung banding menyamakan (HBS). Sumber data penelitian ini, yaitu iklan di Youtube. Data penelitian berwujud tuturan antarbintang iklan yang mengandung jenis tindak tutur perlokusi. Data penelitian yang diperoleh dalam iklan di Youtube, yaitu ditemukan 35 data yang terdiri atas: (1) dua data tindak tutur deklarasi dengan variasi maksud memutuskan (2) tindak tutur representatif dengan variasi maksud menyatakan satu data, enam data dengan variasi maksud memberitahu, dan empat data dengan variasi maksud menegaskan (3) tindak tutur ekspresif dengan variasi maksud memuji tiga data, mengeluh lima data, dan kegembiraan dua data (4) tindak tutur perlokusi direktif dengan variasi maksud ajakan tiga data, permohonan satu data, pemberian saran empat data, dan perintah tiga data, tindak tutur komisif dengan variasi maksud penolakan satu data. Berdasarkan hasil penelitian terkait jenis tindak tutur perlokusi dalam iklan di Youtube dapat dijadikan alternatif tambahan materi teks iklan di SMP.


Ketersediaan
70-UN57.U1-SIN-VIII-2024INDONESIA ZES J 2024Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA ZES J 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;105HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik