Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH IPA SMP
ABSTRAK
Setianingsih, Dina R. 2024. ”Pengembangan E-Modul Berbasis Case Based Learning (CBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah IPA SMP”. Skripsi. Program Studi IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-modul, Case Based Learning, Pemecahan MasalahPada abad ke-21 peserta didik dituntut untuk memiliki kemampuan pemecahan masalah sebagai kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan dari kegiatan sebelumnya untuk memperoleh pengetahuan baru yang lebih bermakna. Hasil PISA tahun 2022 menunjukkan kemampuan sains Indonesia rendah terutama dalam memecahkan masalah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah juga dialami oleh peserta didik SMPN 3 Mertoyudan yang dibuktikan berdasarkan analisis hasil ASAS 2023 dan wawancara dengan guru IPA. Dalam pembelajaran SMPN 3 Mertoyudan belum terdapat pengembangan bahan ajar yang melatihkan kemampuan pemecahan masalah dan pembelajaran masih berpusat pada guru.Tujuan penelitian yaitu untuk mengembangkan e-modul berbasis Case Based Learning untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA SMP pada materi ekologi dan keanekaragaman hayati. Kelayakan e-modul yang dikembangkan ditinjau dari segi kevalidan e-modul, keefektifan e-modul, dan respon peserta didik setelah menggunakan e-modul berbasis Case Based Learning yang dikembangkan. Metode yang digunakan dalam kegiatan penelitian ini yaitu menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Validasi e-modul dilakukan oleh lima validator ahli. Emodul yang dikembangkan E-modul yang dikembangkan diuji cobakan menggunakan desain one grup pretest-posttest kepada 32 peserta didik kelas VII B SMP Negeri 3 Mertoyudan untuk mengetahui keefektifan e-modul. Selanjutnya uji kepraktisan e-modul menggunakan angket respon peserta didik.Hasil penelitian didapatkan kevalidan e-modul oleh ahli menunjukkan ratarata penilaian 4,43 dengan kriteria sangat valid dan dengan persentase kelayakan 88,5% pada kategori sangat layak. Kefektifan e-modul berbasis Case Based Learning berdasarkan hasil uji T-test memperoleh sig 0.000 dimana terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah sebelum dan sesudah penggunaan e-modul. Peningkatan hasil pretest dan posttest melalui uji N-Gain memperoleh nilai 0,701 dengan kriteria peningkatan tinggi. Kepraktisan e-modul berdasarkan angket respon peserta didik memperoleh hasil persentase 81% yang termasuk dalam kategori sangat praktis.
92-UN57.U1-SI-IX-2024 | IPA SET P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain