Text
SKRIPSI ANALISIS KELAYAKAN ISI DAN PENYAJIAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA SMP KELAS VII KURIKULUM MERDEKA TERBITAN KEMENDIKBUD
ABSTRAK
Hasanah, Uswatun. 2024. “Analisis Kelayakan Isi dan Penyajian Buku Teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemendikbud”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Winasti Rahma Diani, M.Hum.
Kata Kunci: buku teks, kelayakan isi, kelayakan penyajian
Buku teks merupakan salah satu penunjang keberhasilan pembelajaran sehingga harus memenuhi standar kelayakan yang telah ditetapkan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP). Namun, dalam buku teks Bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemendikbud masih ditemukan beberapa materi yang belum memenuhi standar kelayakan isi dan penyajian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan isi dan kelayakan penyajian dalam buku teks Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka Terbitan Kemendikbud. Kelayakan isi dan kelayakan penyajian penting untuk diteliti karena merupakan suatu hal utama dan sangat berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Selain itu, pada dua kelayakan tersebut masih ditemukan banyak kekurangan dan belum memenuhi indikator yang telah ditetapkan BSKAP. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu buku teks bahasa Indonesia Kelas VII Kurikulum Merdeka. Data dalam penelitian ini berupa gambar dan tulisan atau teks yang ada pada buku tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dokumentasi dan simak catat. Penelitian ini dilakukan berdasarkan instrumen penilaian kelayakan isi dan kelayakan penyajian yang telah ditetapkan BSKAP. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, diketahui bahwa dari segi kelayakan isi, buku teks bahasa Indonesia SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka mendapat persentase sebesar 87% dengan predikat sangat layak. Persentase tersebut menunjukkan bahwa materi atau isi dalam buku ini sebagian besar sudah memenuhi indikator. Pada kelayakan penyajian, buku ini memperoleh persentase 88% dengan predikat sangat layak. Hal tersebut menandakan bahwa penyajian teks, gambar, dan ilustrasi dalam buku ini sebagian besar sudah memenuhi indikator dan sesuai dengan tingkat kemampuan berbahasa peserta didik. Meskipun demikian, masih ditemukan beberapa materi dan penyajian konten yang belum memenuhi indikator.Simpulan dari penelitian ini yaitu buku Bahasa Indonesia SMP Kelas VII Kurikulum Merdeka sudah layak digunakan untuk pembelajaran. Namun, masih ditemukan cukup banyak kekurangan dalam buku ini. Oleh karena itu, diperlukan adanya perbaikan dan penyempurnaan terhadap buku tersebut agar isi dan penyajian dalam buku lebih mudah dipelajari oleh peserta didik.
69-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA HAS A 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain