Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN PERMAINAN ULAR TANGGA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA
ABSTRAK
Janah, Muji Hikmatul. 2024.”Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Ular Tangga dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Model TGT, Permainan Ular Tanga, Kemampuan KomunikasiKemampuan komunikasi merupakan aspek penting pada abad 21. Kemampuan berkomunikasi siswa dapat dilihat dari terciptanya proses pembelajaran yang aktif di dalam kelas seperti mengajukan pertanyaan, aktif dalam mencari sumber belajar, dan mempresentasikan hasil belajarnya. Namun, berdasarkan penelitian terdahulu kemampuan komunikasi tergolong rendah dengan indikasi malu untuk mengajukan pertanyaan dan siswa belum bisa menyajikan informasi. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kemampuan komunikasi siswa dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran koopertaif tipe TGT. Agar kegiatan pembelajaran dapat memperoleh hasil maksimal, permainan ular tangga menjadi media dalam penelitian ini.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan permainan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dengan desain non equivalent control grup design. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sebagai kelas kontrol dengan instrumen penelitian berupa kuesioner dan soalUji gain didapatkan hasil kelas eksperimen sebesar lebih unggul daripada kelas kontrol. Hasil uji Independent Samples Test juga menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen setelah menerapkan model pembelajaran TGT dengan permainan ular tangga.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament dengan permianan ular tangga dapat meningkatkan kemampuan komunikasi siswa.
86-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA JAN I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain