Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MENULIS TEKS PERSUASIF BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DI KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Fiorensa, Marisa. 2024. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Persuasif Berbasis Kearifan Lokal untuk Peserta Didik Kelas VIII SMP di Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Mashud Syahroni, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: bahan ajar, teks persuasif, kearifan lokal.
Latar belakang penelitian ini berupa hasil observasi yang dilakukan di SMP Negeri 6 Magelang berupa permasalahan peserta didik dalam menyusun teks persuasif karena keterbatasan sumber ajar yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis kebutuhan bahan ajar berbasis kearifan lokal, menemukan karakteristik bahan ajar berbasis kearifan lokal, mengetahui pengembangan bahan ajar berbasis kearifan lokal, serta mengetahui nilai kelayakan bahan ajar berbasis kearifan lokal pada pembelajaran teks persuasif untuk peserta didik kelas VIII SMP di kota Magelang. Berdasarkan hasil observasi, wawancara guru, serta penyebaran angket kepada peserta didik dan guru, diperoleh analisis kebutuhan bahan ajar teks persuasif yang digunakan guru selama pembelajaran berlangsung adalah buku teks terbitan pemerintah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD) menurut Sugiyono yang meliputi tahapan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain oleh ahli materi dan media hingga revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, serta produksi massal. Penelitian ini hanya di batasi hingga tahap kelima atau tahap revisi desain karena keterbatasan peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kebutuhan dan angket validasi produk. Pada penelitian ini hanya sampai pada validasi desain dan revisi desain modul pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis kebutuhan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa peserta didik membutuhkan bahan ajar yang mudah dimengerti dan memiliki visualisasi agar hasil pembelajaran mereka maksimal dan keterampilan mereka meningkat. Karakteristik pengembangan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal adalah berisikan hakikat, contoh teks persuasif berbasis kearifan lokal, latihan soal dan evaluasi. Pengembangan bahan ajar teks persuasif didasarkan pada kebutuhan peserta didik yang lebih mudah memahami materi teks persuasif apabila dikaitkan pada kehidupan sekitar mereka. Kelayakan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal telah teruji dari segi materi dan media dengan hasil validasi ahli materi pada kriteria sangat baik, serta hasil validasi ahli media berada ada kriteria baik. Berdasarkan hasil kriteria tersebut, dapat disimpulkan bahwa pengembangan bahan ajar teks persuasif berbasis kearifan lokal baik digunakan sebagai sumber belajar peserta didik kelas VIII SMP pada materi pembelajaran teks persuasif.
73-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA FIO P 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain