PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, & SHARING) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SMP

SAYYIDATUN NISA - Nama Orang;

ABSTRAK
Nisa, S. 2024. ”Efektivitas Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, & Sharing) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa IPA SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran RMS, Literasi Sains.Literasi sains adalah kemampuan guna menerapkan bukti-bukti pada pembuatan keputusan mengenai alam dan kegiatan manusia berupa mengaplikasikan pengetahuan, mengenali pertanyaan, dan membuat kesimpulan. Lingkup literasi sains terdiri dari kemampuan mengidentifikasi fenomena yang terjadi secara ilmiah, membuat evaluasi dan rancangan penyelidikan sains, serta menggunakan bukti ilmiah dalam menganalisis data. Pentingnya kemampuan literasi sains bertolak belakang dengan fakta yang ada. Suatu model belajar yang dapat mengembangkan kemampuan literasi sains ialah model belajar RMS. Maksud penelitian ini ialah guna menganalisis efektivitas model pembelajaran RMS untuk meningkatkan kemampuan literasi sains pada materi ekologi. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan jenis Quasi Eksperiment yang menerapkan desain Nonequivalent control grup design. Pengambilan sampel pada penelitian ini menerapkan teknik purposive sampling yang berasal dari dua kelas berbeda. Kelas yang digunakan adalah kelas VII D dan VII H di SMP Negeri 2 Juwana. Hasil pengujian independent T test pada nilai nilai pretest tidak menunjukkan perbedaan rata-rata signifikan karena bernilai 0,899 atau lebih besar dari 0,05, namun posttestnya bernilai 0,047 ataupun kurang dari 0,05 yang mengindikasikan adanya perbedaan mean secara signifikan. Uji N-gain diperoleh senilai 0,44 dengan kelas sedang. Dengan demikian terbukti bahwasanya model pembelajaran Reading, Mind Mapping, & Sharing (RMS) mampu mengembangkan kemampuan bacaan sains siswa SMP kelas VII.


Ketersediaan
87-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA NIS E 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NIS E 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XV;164HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik