Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MAGELANG
ABSTRAK
Widyaningrum, Sabna Ika. 2024. “Keefektifan Metode Mind Mapping dalam Pembelajaran Menulis Te k s Berita Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Magelang”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Mashud Syahroni, M.Pd.
Kata Kunci: menulis, mind mapping , teks berita
Ket e rampilan menulis penting untuk dikuasai oleh siswa di setiap jenjang pendidikan. Akan tetapi, pada kenyataannya pembelajaran menulis teks berita merupakan salah satu pembelajaran yang kurang diminati oleh siswa. Hal tersebut disebabkan siswa kesulitan menuliskan gagasannya ke dalam bentuk tulisan dan penggunaan metode pembelajaran konv ensional dianggap kurang menarik perhatian siswa. Oleh sebab itu, mind mapping dapat diterapkan sebagai salah satu alternatif metode pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks berita pada siswa sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan mind mapping , (2) membuktikan adanya perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks berita oleh siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode mind mapping dengan siswa yang tidak menggunakan metode mind mapping , serta (3) membuktikan keefektifan penggunaan metode mind mapping dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang. Metode dan desain penelitian ini berupa quasi experimental non - equivalent group design . Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang tahun ajaran 2023/2024. Sampel penelitian yaitu 64 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling . Tes menulis teks berita menjadi instrumen penelitian ini. Pengujian instrumen tes menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N - Gain , dan uji - t . Hasil penelitian menunjukkan (1) nilai uji - t pretest dan posttest kelas eksperimen menghasilkan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. (2) Hasil uji - t posttest kedua kelompok nilai signifikansi 0,00 < 0,05. (3) Diperoleh rata - rata N - Gain 0,43 pada kelas eksperimen. Diperoleh hasil terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan menulis teks berita oleh siswa yang menggunakan metode mind mapping dengan siswa yang tidak menggunakan mind mapping . Selain itu, metode mind mapping terbukti kurang efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Magelang.
78-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA WID K 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain