Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI STRATEGI GOLDILOCKS HELP DALAM MODEL PEMBELAJARAN STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Sari, Luvy Rafika. 2024. “Implementasi Strategi Goldilocks Help dalam Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah IPA Siswa SMP”. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Strategi Goldilocks Help, Model STAD, Peningkatan, Keterampilan Pemecahan Masalah.Keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP yang berkaitan dengan perhitungan masih tergolong rendah. Hal ini disebabkan karena guru jarang melibatkan keterampilan pemecahan masalah selama proses pembelajaran dan siswa terbiasa menghafal rumus. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh implementasi strategi goldilocks help dalam model STAD untuk dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode quasi eksperimental. Desain yang digunakan nonequivalen control group. Populasi yang digunakan yaitu kelas VIII SMP Negeri 1 Tempuran. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu tes yang telah diuji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas selanjutnya dilakukan uji Mann-Whitney U dan uji NGain. Hasil yang diperoleh dari uji Mann-Whitney U yaitu nilai signifikansi yang dihasilkan 0,000 artinya terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah secara signifikan antara kelas yang menggunakan strategi goldilocks help dengan model STAD (kelas eksperimen) dengan kelas menggunakan model STAD tanpa strategi goldilocks help (kelas kontrol). Adapun peningkatan keterampilan pemecahan masalah untuk kedua kelas dapat dilihat dari rata-rata hasil N-Gain untuk kelas eksperimen yaitu 0,76 kategori tinggi dan 0,32 kategori sedang untuk kelas kontrol. Kesimpulannya, strategi goldilocks help dalam model STAD berpengaruh dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah IPA siswa SMP.
85-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA SAR I 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain