PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) DENGAN PENDEKATAN STEM TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KETERAMPILAN KOLABORASI IPA SISWA SMP

ANANDA OKTAVIANI SUBEKTI - Nama Orang;

ABSTRAK
Subekti, Ananda Oktaviani. 2024. “Keefektifan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dengan Pendekatan STEM terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kolaborasi IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata Kunci : Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Kolaborasi, PjBL dengan pendekatan STEM.Era globalisasi menuntut peningkatan keterampilan abad ke-21, diantaranya kemampuan pemecahan masalah serta keterampilan kolaborasi. Akan tetapi, siswa masih cenderung mengandalkan hafalan serta kurangnya keinginan mereka dalam memecahkan masalah. Selain itu, ketika berkelompok hanya beberapa siswa yang aktif serta lebih menyetujui pendapat teman yang lebih pintar. Model Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan STEM dapat menjadi solusi untuk meningkatkan kedua keterampilan tersebut melalui kegiatan proyek berkelompok.Tujuan penelitian ini yaitu (1) menganalisis keefektifan model PjBL dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa SMP serta (2) menganalisis keefektifan model PjBL dengan pendekatan STEM dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa SMP.Penelitian ini menggunakan desain quasi experiment nonequievalent control group. Kelas yang digunakan pada penelitian yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen serta VIII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui purposive sampling. Data diperoleh dari hasil pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah serta hasil kuesioner dan observasi keterampilan kolaborasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PjBL dengan pendekatan STEM efektif meningkatkan kemampuan pemecahan masalah IPA siswa dari uji independent sample t-test menghasilkan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan posttest antara kelas eksperimen serta kontrol dengan Ngain kelas eksperimen sebesar 0,678, sedangkan kelas kontrol 0,412 dan (2) model PjBL dengan pendekatan STEM efektif dalam meningkatkan keterampilan kolaborasi siswa dimana dari hasil kuesioner serta observasi yang keduanya menghasilkan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 pada uji independent sample ttest yang artinya terdapat perbedaan posttest antara kelas eksperimen serta kontrol. N-gain kuesioner serta observasi untuk kelas eksperimen masing-masing sebesar 0,443 dan 0,655, sementara kelas kontrol masing-masing sebesar 0,176 dan 0,297.


Ketersediaan
94-UN57.U1-SI-IX-2024IPA SUB K 2024Ruang Skripsi (IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA SUB K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIII;294HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik