Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH DITINJAU DARI GENDER SISWA MENGGUNAKAN MODEL INKUIRI TERBIMBING PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA 1 MUHAMMADIYAH
ABSTRAK
Hakim, Lina. 2024. “Analisis Kemampuan Penalaran Ilmiah Ditinjau dari Gender Siswa Pada Pembelajaran Biologi di SMA 1 Muhammadiyah.”Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Analisis, gender, ilmiah, inkuiri, penalaran
Penalaran ilmiah sangat dibutuhkan untuk membantu siswa dalam memberikan pemahaman konsep pada materi saat pembelajaran. Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan pada SMA Muhammadiyah 1 Magelang, peneliti menemukan permasalahan yaitu beberapa siswa yang terkesan pasif, tidak kerja waktu praktikum tidak terbiasa mengutarakan pendapat sesuai argumentasi ilmiah. Terlihat dari praktikum yang sudah dilakukan adanya perbedaan nilai yaitu siswa putra sebesar 62% sedangkan siswa putri sebesar 60%.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis perbedaan kemampuan penalaran ilmiah putra dan putri kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Magelang pada materi sistem pertahanan tubuh yang memiliki ciri-ciri tidak cukup dipelajari melalui hafalan saja tetapi juga dengan menggunakan konsep materi dan memerlukan daya penalaran ilmiah yang tinggi. Metode yang digunakan yaitu jenis penelitian kuantitatif, model penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre- experiment design yaitu satu kelompok One Shot Case Study.
Hasil pembahasan dari penelitian setelah dilakukan uji hipotesis data menggunakan uji Independent T-tes karena data yang dihasilkan berdistribusi normal dan homogen dengan nilai sig > 0,05. Uji hipotesis Independent t test penalaran ilmiah nilai didapatkan signifikasi (2-tailed) 0.000 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa ditolak diterima, yang berarti terdapat perbedaan hasil nilai tes penalaran ilmiah pada siswa putra dan putri pada materi sistem pertahanan tubuh. Namun sebaliknya peresentase penskoran setiap indikator penalaran ilmiah siswa putri yaitu 80% pada siswa putra 75 % keduanya memiliki kategori baik.
Berdasarkan data dan pembahasan analisis kemampuan penalaran ilmiah ditinjau dari gender siswa pada pembelajaran Biologi di SMA 1 Muhammadiyah dapat ditarik kesimpulan yaitu adanya perbedaan nilai tes penalaran ilmiah pada siswa putra dan putri pada materi sistem pertahanan tubuh. Berdasarkan hasil uji hipotesis penalaran ilmiah nilai signifikasi (2-tailed) 0.000 0,05 maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ditolak diterima, yang berarti terdapat perbedaan hasil nilai tes penalaran ilmiah pada siswa putra dan putri pada materi sistem pertahanan tubuh.
46-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI HAK A 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain