Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-LKPD INTERAKTIF BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Aprilliani, Annisa D. 2024. “Pengembangan E-LKPD Interaktif Berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir KritiS IPA Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S. Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Kata Kunci: E-LKPD IPA, CTL (Contextual Teaching and Learning), Berpikir KritisPembelajaran di abad 21 memiliki peran untuk mempersiapkan generasi muda untuk bisa menghadapi tuntutan yang disesuaikan dengan kebutuhan zaman yang ditandai dengan kemajuan teknologi. Salah satu tuntutan tersebut yaitu keterampilan berpikir kritis. Hasil tes PISA tahun 2022 menunjukkan siswa Indonesia memiliki kemampuan sains yang tergolong rendah. Rendahnya keterampilan berpikir kritis juga dialami oleh siswa SMPN 3 Mertoyudan. Salah satu faktor yang berkontribusi pada rendahnya keterampilan berpikir kritis adalah kurangnya bahan ajar yang menarik dan dapat membantu peserta didik dalam memahami materi pelajaran.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan bahan ajar berupa ELKPD interaktif berbasis CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Kelayakan E-LKPD yang dikembangkan ditinjau dari segi kevalidan E-LKPD, respon siswa setelah menggunakan E-LKPD interaktif berbasis CTL, dan keefektifan E-LKPD.Penelitian ini menerapkan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. E-LKPD yang dikembangkan diuji cobakan menggunakan one group pretest-posttest kepada 30 siswa SMPN 3 Mertoyudan.Hasil validasi E-LKPD interaktif berbasis CTL diperoleh rata-rata presentase 86% pada kategori sangat baik. E-LKPD interaktif berbasis CTL efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dibuktikan dengan nilai N-gain 0,703 pada kriteria tinggi. Respon siswa setelah menggunakan modul IPA berbasis kontekstual pada materi bumi dan tata surya diperoleh presentase rata-rata 83% pada kriteria sangat praktis.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa ELKPD interaktif berbasis CTL memenuhi syarat kelayakan bahan ajar karena telah dinyatakan valid, efektif, serta praktis. Selain itu, E-LKPD interaktif berbasis CTL efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan nilai N-gain data pretest dan posttest.
76-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA APR P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain