PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTDRIVEN INQUIRY (ADI) MENGGUNAKAN SIMULASIPHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS SISWA SMP

RISMA ANJARSARI - Nama Orang;

ABSTRAK
Anjarsari, Risma. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Menggunakan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), simulasi PhET, keterampilan berpikir kritisSalah satu keterampilan yang perlu dimiliki siswa di abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Temuan observasi di SMP Muhammadiyah 1 Sragen menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis masih belum diajarkan oleh guru kepada siswanya. Pembelajaran IPA pada dasarnya masih berfokus pada guru, dan sebagian besar guru masih menggunakan strategi pengajaran konvensional dan belum pernah menggunakan laboratorium virtual. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran dan penggunaan media yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) menggunakan simulasi PhET dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dari dua kelas yang berbeda. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang sudah sesuai dengan indikator berpikir kritis.Hasil dari penelitian ini yaitu uji T kelas eksperimen dan kontrol dimana nilai pretest sebesar 0,108 > 0,05 berarti tidak ada perbedaan. Sedangkan terdapat perbedaan yang dibuktikan dengan nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,00


Ketersediaan
78-UN57.U1-SI-VIII-2024IPA ANJ P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA ANJ P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;133HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik