Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARGUMENTDRIVEN INQUIRY (ADI) MENGGUNAKAN SIMULASIPHET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILANBERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Anjarsari, Risma. 2024. Penerapan Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) Menggunakan Simulasi PhET Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan. Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI), simulasi PhET, keterampilan berpikir kritisSalah satu keterampilan yang perlu dimiliki siswa di abad 21 yaitu keterampilan berpikir kritis. Temuan observasi di SMP Muhammadiyah 1 Sragen menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis masih belum diajarkan oleh guru kepada siswanya. Pembelajaran IPA pada dasarnya masih berfokus pada guru, dan sebagian besar guru masih menggunakan strategi pengajaran konvensional dan belum pernah menggunakan laboratorium virtual. Sehingga perlu diterapkan model pembelajaran dan penggunaan media yang mampu meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis keefektifan model pembelajaran Argument Driven Inquiry (ADI) menggunakan simulasi PhET dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMP.Metode penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian Pretest-posttest Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling pada penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII dari dua kelas yang berbeda. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan soal pretest dan posttest yang sudah sesuai dengan indikator berpikir kritis.Hasil dari penelitian ini yaitu uji T kelas eksperimen dan kontrol dimana nilai pretest sebesar 0,108 > 0,05 berarti tidak ada perbedaan. Sedangkan terdapat perbedaan yang dibuktikan dengan nilai posttest kelompok eksperimen dan kontrol sebesar 0,00
78-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA ANJ P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain