Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS ARTICULATE STORYLINE PADA PEMBELAJARAN SISTEM KOORDINASI SMA KELAS XI
ABSTRAK
Safitri, Raisa Ajeng. 2024. “Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Pembelajaran Sistem Koordinasi SMA Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M. Sc., dan Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata Kunci: Articulate Storyline, PowerPoint, sistem koordinasi.
Berdasarkan hasil analisis kebutuhan peserta didik dan guru di SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang, ditemukan bahwa penggunaan media pembelajaran berupa powerpoint. Media powerpoint yang disajikan berisi teks dan tidak dilengkapi dengan gambar ataupun video yang dapat membuat peserta didik merasa jenuh. Selain hal tersebut terdapat materi yang perlu divisualisasikan yaitu materi sistem koordinasi. Solusi dari masalah tersebut yakni dapat dengan mengembangkan media pembelajaran yang relevan bagi peserta didik yakni pengembangan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran sistem koordinasi yang dilengkapi dengan visualisasi pada materi, audio, dan video agar peserta didik tidak mudah merasa jenuh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penilaian kelayakan pada ahli materi dan ahli media serta respon kelayakan pada guru dan peserta didik pada multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada pembelajaran sistem koordinasi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian pengembangan atau Research & development (R&D). Model yang digunakan pada penelitian ini yaitu model 4D yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), development (pengembangan), disseminate (penyebaran). Namun, pada penelitian ini tahap disseminate hanya disebarkan kepada guru biologi dan peserta didik kelas XI IPA SMA Muhammadiyah 1 Alternatif Kota Magelang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil penilaian kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada ahli materi dan ahli media yang menunjukkan skor rata-rata 82,54%, yang menunjukkan kategori sangat layak. Kemudian pada respon kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada guru mendapatkan skor total 91,25% dengan kategori sangat layak. Selanjutnya pada respon kelayakan multimedia interaktif berbasis Articulate Storyline pada peserta didik mendapatkan skor total 88,58% dengan kategori sangat layak. Saran pada penelitian ini yakni penelitian dapat menggunakan fitur interaktif lain agar dapat meningkatkan kualitas produk multimedia interaktif. Program aplikasi android yang dapat memaksimalkan ukuran pada file publish Articulate Storyline agar video pembelajaran yang dicantumkan agar dapat beragam jenisnya. Dalam penggunaan software Articulate Storyline diharapkan lebih teliti dalam menggunakan fitur interaktif, karena satu trigger tidak bisa digunakan pada slide berikutnya. Pengguna harus memiliki akun domain jika ingin publish file Articulate Storyline dengan format html5 yang dapat diakses secara online.
44-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI SAF P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain