Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP CREATIVE THINKING SKILLS PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN IPA
ABSTRAK
Salsabila, Luqyana Shof’a. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Creative Thinking Skills Peserta Didik SMP kelas VIII pada Pembelajaran IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci : Creative thinking skills, Project Based Learning, Quasi experimentCreative thinking skills dibutuhkan untuk menghadapi globalisasi dengan meningkatkan kemampuan peserta didik ke level lebih tinggi dalam berinisiatif mengatasi masalah global terutama dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran project based learning terhadap tingkat creative thinking skills peserta didik pada materi sistem pencernaan manusia kelas VIII di SMPN 2 Srumbung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi experiment. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 2 Srumbung yang berjumlah 185 dan sampel yang digunakan sebanyak 48 peserta didik dari 2 kelas yang berbeda yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian dilakukan dengan tes tertulis dan ditunjang dengan nilai proyek. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji prasyarat hipotesis, uji independent sample T-test, dan uji N-Gain. Hasil uji independent sample T-test pada kedua sampel pada nilai pretest yaitu 0,367 > 0,05 yang artinya tidak ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan creative thinking skills peserta didik sebelum dilakukannya perlakuan, sedangkan pada nilai posttest hasilnya 0,000 < 0,05 yang artinya adanya perbedaan yang signifikan pada kemampuan creative thinking skills peserta didik setelah dilakukannya perlakuan. Hasil uji N-Gain kelas kontrol yaitu 0,26 yang masuk dalam kategori rendah, sedangkan pada kelas eksperimen yaitu 0,51 yang masuk dalam kategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran project based learning mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap creative thinking skills peserta didik
80-UN57.U1-SI-VIII-2024 | IPA SAL P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain