Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK PEMBUATAN HANDCRAFT SAMPAH ANORGANIK UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN DAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Herawati, Nina. 2024. “Pengembangan LKPD Berbasis Proyek Pembuatan Handcraft Sampah Anorganik untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan dan Pemahaman Konsep Peserta Didik pada Materi Pencemaran Lingkungan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M.Sc.
Kata Kunci: LKPD, Pemahaman Konsep, Pencemaran Lingkungan, Project Based Learning, Sampah Anorganik, Sikap Peduli Lingkungan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan pembelajaran di SMA Muhammadiyah Borobudur. Berdasarkan hasil studi pendahuluan diketahui sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan belum maksimal. Tujuan penelitian adalah mengembangkan LKPD berbasis proyek pembuatan handcraft sampah anorganik, menguji kelayakan LKPD, menganalisis peningkatan sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan setelah pembelajaran menggunakan LKPD berbasis proyek pembuatan handcraft sampah anorganik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4D (define, design, develop, disseminate), namun dibatasi sampai tahap develop. Serta dilakukan uji coba produk di kelas fase E SMA Muhammadiyah Borobudur yang berjumlah 32. Hasil penilaian kelayakan menunjukkan validasi ahli media dan validasi ahli materi memperoleh persentase 90% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian kepraktisan melalui respon guru dan peserta didik terhadap LKPD memperoleh persentase 75% dan 77,2% dengan kategori praktis. Hasil sikap peduli lingkungan mengalami peningkatan. Peningkatan ini dibuktikan dengan hasil uji n-gain sikap peduli lingkungan yang memperoleh nilai 0,3608 yang artinya LKPD dapat meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik dengan kriteria peningkatan yaitu sedang. Hasil pemahaman konsep juga mengalami peningkatan Peningkatan ini dibuktikan dengan uji n-gain pemahaman konsep yang memperoleh nilai 0,5829 yang artinya LKPD dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan dengan kriteria peningkatan yaitu sedang. Jadi, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis proyek pembuatan handcraft sampah anorganik layak digunakan sebagai bahan ajar di kelas serta terbukti meningkatkan sikap peduli lingkungan dan pemahaman konsep peserta didik pada materi Pencemaran Lingkungan.
45-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI HER P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain