PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA GIMKIT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN KARYA FIKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP

RIYANTI LINDA MUNAWAROH - Nama Orang;

ABSTRAK
Munawaroh, Riyanti Linda. 2024 “Keefektifan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Gimkit dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Keterampilan menulis pada dasarnya perlu dikuasai setiap peserta didik. Kenyataannya kemampuan menulis teks ulasan di kelas VIII SMP masih kurang. Faktor penyebabnya yaitu peserta didik kesulitan memahami materi, referensi yang minim, dan model serta media pembelajaran yang kurang bervariasi. Berdasarkan masalah tersebut, penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran menulis teks ulasan. Model dan media pembelajaran ini mempunyai kelebihan yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan keefektifan pembelajaran menulis teks ulasan.
Tujuan penelitian ini yakni: (1) membuktikan ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis teks ulasan antara peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar dengan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dengan peserta didik pada kelas kontrol yang tidak diajar dengan model dan media yang sama, (2) membuktikan keefektifan penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dalam pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi untuk peserta didik kelas eksperimen SMP Negeri 13 Magelang.
Metode eksperimen dengan desain true experiment merupakan metode dan desain penelitian ini. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kemampuan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII. Sampel penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol melalui pengambilan sampel teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari uji-t dan uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas.
Hasil penelitian ini berdasarkan pada perhitungan uji-t posttest pada kedua kelas menunjukkan t hitung sebesar 4,523 dengan df = 55 dan nilai p = 0,000. Nilai p lebih kecil dibandingkan taraf kesalahan 0,05. Kemudian, hasil uji-t pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu t hitung diperoleh sebesar 6,498 dengan df = 28, dan p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha1 terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis teks ulasan antara siswa kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dengan media Gimkit dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diajar dengan model dan media yang sama. Ha2 penelitian ini menunjukkan bahwa Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi pada kelas eksperimen.
Kata Kunci: Gimkit, menulis, model Student Team Achievement Division (STAD), teks ulasan


Ketersediaan
75-UN57.U1-SIN-VIII-2024INDONESIA MUN K 2024Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
INDONESIA MUN K 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XVII;180HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
410
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BAHASA_DAN_SASTRA_INDONESIA
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
Tidak Ada Data
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik