Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) BERBANTUAN MEDIA GIMKIT DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ULASAN KARYA FIKSI PADA SISWA KELAS VIII SMP
ABSTRAK
Munawaroh, Riyanti Linda. 2024 “Keefektifan Model Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Media Gimkit dalam Pembelajaran Menulis Teks Ulasan Karya Fiksi pada Siswa Kelas VIII SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Ayu Wulandari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Irsyadi Shalima, S.S., M.A.
Keterampilan menulis pada dasarnya perlu dikuasai setiap peserta didik. Kenyataannya kemampuan menulis teks ulasan di kelas VIII SMP masih kurang. Faktor penyebabnya yaitu peserta didik kesulitan memahami materi, referensi yang minim, dan model serta media pembelajaran yang kurang bervariasi. Berdasarkan masalah tersebut, penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dapat diterapkan untuk menunjang pembelajaran menulis teks ulasan. Model dan media pembelajaran ini mempunyai kelebihan yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan dan keefektifan pembelajaran menulis teks ulasan.
Tujuan penelitian ini yakni: (1) membuktikan ada tidaknya perbedaan keterampilan menulis teks ulasan antara peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar dengan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dengan peserta didik pada kelas kontrol yang tidak diajar dengan model dan media yang sama, (2) membuktikan keefektifan penggunaan Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit dalam pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi untuk peserta didik kelas eksperimen SMP Negeri 13 Magelang.
Metode eksperimen dengan desain true experiment merupakan metode dan desain penelitian ini. Populasi penelitian ini merupakan seluruh kemampuan menulis teks ulasan peserta didik kelas VIII. Sampel penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas eksperimen dan 28 peserta didik kelas kontrol melalui pengambilan sampel teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari uji-t dan uji prasyarat berupa uji homogenitas dan uji normalitas.
Hasil penelitian ini berdasarkan pada perhitungan uji-t posttest pada kedua kelas menunjukkan t hitung sebesar 4,523 dengan df = 55 dan nilai p = 0,000. Nilai p lebih kecil dibandingkan taraf kesalahan 0,05. Kemudian, hasil uji-t pada nilai pretest dan posttest kelas eksperimen yaitu t hitung diperoleh sebesar 6,498 dengan df = 28, dan p = 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf kesalahan 0,05.
Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Ha1 terdapat perbedaan dalam kemampuan menulis teks ulasan antara siswa kelas eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD dengan media Gimkit dibandingkan dengan kelas kontrol yang tidak diajar dengan model dan media yang sama. Ha2 penelitian ini menunjukkan bahwa Model Kooperatif Tipe STAD berbantuan media Gimkit efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks ulasan karya fiksi pada kelas eksperimen.
Kata Kunci: Gimkit, menulis, model Student Team Achievement Division (STAD), teks ulasan
75-UN57.U1-SIN-VIII-2024 | INDONESIA MUN K 2024 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain