Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 2 MAGELANG
ABSTRAK
Oktarifada, Ervina Rinka. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 2 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sistem Reproduksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan belum optimalnya keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Magelang, didapatkan fakta pada proses pembelajaran biologi masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yang terpusat pada guru. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat berakibat pada rendahnya pemahaman siswa pada suatu konsep materi, sehingga siswa cenderung berpikir secara tekstual dan berakibat pada kurang optimalnya keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivis seperti model pembelajaran SIMAS ERIC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini menggunakan kelas XI-F1.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-F1.2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test siswa serta lembar observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 83,56 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,44. Dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada data pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Analisis hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 81,89 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,44. Dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada data keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 2 Magelang.
53-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI OKT P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain