PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SIMAS ERIC (SKIMMING, MIND MAPPING, QUESTIONING, EXPLORING, WRITING, COMMUNICATING) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 2 MAGELANG

ERVINA RINKA OKTARIFADA - Nama Orang;

ABSTRAK
Oktarifada, Ervina Rinka. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran SIMAS ERIC (Skimming, Mind Mapping, Questioning, Exploring, Writing, Communicating) terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Reproduksi di SMA Negeri 2 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Model Pembelajaran SIMAS ERIC, Pemahaman Konsep, Keterampilan Berpikir Kritis, Materi Sistem Reproduksi
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep dan belum optimalnya keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang telah dilakukan di SMA Negeri 2 Magelang, didapatkan fakta pada proses pembelajaran biologi masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah yang terpusat pada guru. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat berakibat pada rendahnya pemahaman siswa pada suatu konsep materi, sehingga siswa cenderung berpikir secara tekstual dan berakibat pada kurang optimalnya keterampilan berpikir kritis siswa. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan penggunaan model pembelajaran inovatif berbasis konstruktivis seperti model pembelajaran SIMAS ERIC. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen jenis nonequivalent control group design. Subjek pada penelitian ini menggunakan kelas XI-F1.1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-F1.2 sebagai kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar tes dan lembar observasi. Data yang dikumpulkan dari hasil pre-test dan post-test siswa serta lembar observasi kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji statistik non-parametrik Mann Whitney U. Hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test pemahaman konsep kelas eksperimen sebesar 83,56 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 74,44. Dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada data pemahaman konsep diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Analisis hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai post-test keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 81,89 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 72,44. Dari hasil analisis uji Mann Whitney U pada data keterampilan berpikir kritis diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 atau nilai signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SIMAS ERIC terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi sistem reproduksi di SMA Negeri 2 Magelang.


Ketersediaan
53-UN57.U1-SPB-VIII-2024BIOLOGI OKT P 2024Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI OKT P 2024
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2024
Deskripsi Fisik
XIV;187HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik