Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM REPRODUKSI SERTA KEEFEKTIFANNYA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 2 TEMANGGUNG
ABSTRAK
Sholekhah, Laila Mar’atus. 2024. “Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Sistem Reproduksi Serta Keefektifannya Terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA N 2 Temanggung”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Dr. Setyo Prajoko, M.Pd.
Kata kunci : E-modul, Problem Based Learning, Pemahaman Konsep, Sistem Reproduksi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep yang belum optimal, serta belum adanya bahan ajar berupa e-modul dengan mengintegrasikan model pembelajaran di dalamnya. Sehingga perlu adanya bahan ajar yang menunjang untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) menganalisis kelayakan e-modul berbasis problem based learning pada mata pelajaran biologi materi sistem reproduksi. 2) menganalisis keefektifan e-modul berbasis problem based learning terhadap pemahaman konsep peserta didik pada materi sistem reproduksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development model ADDIE. Dalam penelitian ini dilakukan pengembangan sampai pada tahap evaluation. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu 1) analysis (analisis), yaitu menganalisis permasalahan terkait penyusunan e-modul, analisis karakteristik peserta didik, analisis kurikulum, analisis materi, 2) Design (desain),merancang materi, kerangka isi, dan tampilan pada e-modul, 3)Development (Pengembangan) yaitu mengembangan e-modul serta melakukan uji validasi terhadap ahli bahan ajar dan ahli materi. 4) implementation dilakukan uji coba dengan coba dengan desain pre-eksperimental design menggunakan teknik one grup pretest post-test. Adapun yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik XI-F SMA N 2 Temanggung. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, validasi, angket, dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis PBL pada materi sistem reproduksi sangat layak digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran biologi, dengan perolehan nilai dari ahli media sebesar 82% dan ahli materi sebesar 90% serta pengisian tanggapan dari guru sebesar 92% dan siswa sebesar 88,5%. Berdasarkan hasil uji coba yang dilakukan untuk menghitung keefektifan e-modul berbasis PBL terhadap pemahaman konsep peserta didik memperoleh nila n-gain sebesar 0,77 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil tersebut pengguna E-modul berbasis PBL efektif meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dengan nilai N-gain sebasar 0,77 dengan kategori tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis problem based learning pada materi sistem reproduksi layak serta efektif digunakan sebagai bahan ajar biologi.
51-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI SHO P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain