Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RICOSRE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF PESERTA DIDIK PADA MATERI HORMON DALAM SISTEM REPRODUKSI DI SMA NEGERI 4 KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Safitri, Ari. (2024). “Pengaruh Model Pembelajaran RICOSRE terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Pesert Didik pada Materi Hormon dalam Sistem Reproduksi di SMA Negeri 4 Kota Magelang”. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing Karunia Galih Permadani, M. Sc., Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M. Sc.
Kata Kunci : RICOSRE, Kemampuan Berpikir Kritis, Hasil Belajar Kognitif, Hormon dalam Sistem Reproduksi.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang optimalnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hormon dalam sistem reproduksi yang masih berada dibawah tingkat standar ketercapaian tujuan pembelajaran karena model pembelajaran yang menggunakan metode ceramah dapat mengurangi keaktifan peserta didik dalam belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hormon dalam sistem reproduksi.
Desain penelitian yang digunakan yaitu Pretest-Posttest Noneqivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling dengan subjek penelitian yaitu kelas XI 4 dan XI 8 sebagai kelas eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes pilihan ganda dan uraian, lembar pedoman observasi, lembar validasi soal tes, lembar keterlaksanaan sintaks. Data diperoleh dari hasil pretest dan post-test materi hormon dalam reproduksi. Teknik analisis data menggunakan uji hipotesis Independent Sample T test.
Berdasarkan data penelitian yang diperoleh, nilai rata-rata akhir post-test kemampuan berpikir kritis pada kelas kontrol yaitu 73,14, sedangkan nilai rata-rata akhir post-test pada kelas eksperimen yaitu 77,92. Selain itu juga diperoleh nilai rata-rata akhir hasil belajar kognitif pada kelas kontrol yaitu 82,67 lebih rendah daripada kelas eksperimen yaitu 85,86. Hasil analisis uji hipotesis diperoleh nilai nilai Sig kemampuan berpikir kritis sebesar 0,019 artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Sedangkan data hasil belajar kognitif diperoleh nilai taraf signifikan sebesar 0,018 artinya, terdapat perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kontrol. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran RICOSRE terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif peserta didik pada materi hormon dalam sistem reproduksi.
50-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI SAF P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain