Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BOOKLET IDENTIFIKASI JENIS PTERIDOPHYTA DI KAWASAN AIR TERJUN KEDUNG KAYANG KAKI GUNUNG MERAPI DAN GUNUNG MERBABU SEBAGAI SUMBER BELAJAR PENGAYAAN BIOLOGI
ABSTRAK
Ula, Dewi Sarah Tasyriqotul. 2023. “Pengembangan Booklet Identifikasi Jenis Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Kedung Kayang Kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu sebagai Sumber Belajar Pengayaan Biologi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Serafica Btari Christiyani Kusumaningrum, M.Sc.
Kata Kunci: Booklet, Pteridophyta, Air Terjun Kedung Kayang, Sumber Belajar
Kondisi geografis Indonesia terletak pada garis khatulistiwa dengan iklim hutan hujan tropis yang stabil. Hal ini menyebabkan Indonesia menjadi negara dengan tingkat keanekaragaman hayati melimpah termasuk di dalamnya Pteridophyta. Kawasan Air Terjun Kedung Kayang merupakan salah satu habitat bagi Pteridophyta. Belum dilakukan identifikasi jenis Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Kedung Kayang. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, di SMA Negeri 5 Magelang belum menerapkan sumber belajar berupa booklet berbasis potensi lokal.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis tumbuhan anggota Pteridophyta di Kawasan Air Terjun Kedung Kayang dan mengetahui kelayakan booklet sebagai sumber belajar bagi peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah mix method yang meliputi dua tahap, yakni eksploratif dan Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D dengan tahapan definisi (define), desain (design), dan pengembangan (develop).
Analisis kelayakan booklet dilakukan dengan validasi ahli materi dan ahli media. Selanjutnya dilakukan respon guru biologi dan peserta didik serta uji coba produk dalam lingkup kecil melalui uji keterbacaan. Hasil penelitian ditemukan 25 jenis Pteridophyta yang tergolong dalam tiga ordo dan 12 famili. Booklet yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar biologi peserta didik memperoleh hasil validasi rata-rata 82,05% yang tergolong kategori sangat layak. Keterbacaan booklet oleh peserta didik memperoleh persentase 95% yang tergolong kategori tinggi. Berdasarkan data perolehan hasil validasi, uji keterbacaan, respon pendidik dan peserta didik, booklet yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan. Booklet yang telah dikembangkan sebagai sumber belajar biologi pada materi keanekeragaman hayati diharapkan dapat digunakan oleh lingkungan yang jauh lebih luas sebagai pendamping belajar.
49-UN57.U1-SPB-VIII-2024 | BIOLOGI ULA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain