Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) DENGAN STRATEGI KOLABORATIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA
ABSTRAK
Yusuf, Maulana. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Strategi Kolaboratif Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Model Pembelajaran MMP, Strategi Kolaboratif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Kemampuan pemecahan masalah matematika adalah kemampuan yang penting dimiliki siswa. Kemampuan itu dapat membiasakan siswa mengatasi permasalahan dengan merancang dan menerapkan strategi penyelesaian secara tepat. Namun, faktanya kemampuan tersebut masih tergolong rendah pada siswa kelas VIII SMP N 7 Kota Magelang. Penelitian ini mempunyai dua tujuan. Pertama, untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar menggunakan model MMP dengan strategi kolaboratif mencapai ketuntasan klasikal. Kedua, untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dengan strategi kolaboratif dibandingkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi experiment. Bentuk kuasi eksperimen yang digunakan adalah non equivalent posttest only control group design dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Kota Magelang tahun pelajaran 2023/2024. Sampel dipilih dengan teknik cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan 2 kelas yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Siswa kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, pedoman wawancara, lembar observasi, dan lembar validasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji proporsi dan uji independent sample T-test, dengan persyaratan pengujian normalitas dan homogenitas
78-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA YUS P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain