Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA AUGMENTED REALITY PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Prayoga, Hanna A. 2024. “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas VIII.” Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, M.Pd., Pembimbing II Arifta Nurjanah, M.Pd.
Kata Kunci: augmented reality, bangun ruang sisi datar, media, penalaran matematis Teknologi memiliki peran yang besar dalam pendidikan. Dalam hal ini, guru perlu akan adanya media yang interaktif untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis pada siswa. Salah satu cabang matematika yang melibatkan logika adalah kemampuan penalaran karena penalaran dan matematika adalah satu dan sama. Kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan yang digunakan sebagai pondasi yang berhubungan dengan pola berpikir logis, analitis, dan kritis. Berdasarkan analisis kebutuhan, diketahui bahwa 1) kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII di SMP N 8 Magelang tergolong rendah, 2) kurangnya variasi dan inovasi media pembelajaran dan, 3) pembelajaran matematika belum pernah menggunakan aplikasi 3 dimensi. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengembangkan media augmented reality untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media augmented reality yang valid, praktis, efektif dalam meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa pada materi bangun ruang sisi datar. Penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dilakukan pada 32 siswa di kelas VIII D SMP N 8 Magelang.
80-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA PRA P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain