Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII
ABSTRAK
Isnanti, Nia. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas VII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nina Agustyaningrum, M.Pd, Pembimbing II Moh. Rikza Muqtada, M.Pd.
Kata Kunci: Learning Cycle, RME (Realistic Mathematics Education), Komunikasi Matematis. Komunikasi matematis merupakan salah satu kemampuan penting dalam konteks pembelajaran matematika yang tidak hanya memfasilitasi pemahaman yang lebih baik, tetapi juga memungkinkan siswa untuk mengembangkan keterampilan berpikir matematis secara lebih mendalam dan menyeluruh. Namun hasil tes awal kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMP N 6 Magelang menunjukan rata-rata 45,03, yang masuk dalam kategori rendah. Sehingga penggunaan model pembelajaran Learning Cycle dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) diharapkan dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi matematis. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran Learning Cycle dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME). Kemudian menganalisis ketuntasan secara klasikal kemampuan komunikasi matematis menggunakan model pembelajaran langsung. Selain itu juga menganalisis pengaruh model pembelajaran Learning Cycle dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dengan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan komunikasi matematis pada bangun datar. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain nonequivalent posttest only control group. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 6 Magelang. Sampel diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, angket, lembar observasi, soal tes. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, observasi, tes dan dokumentasi. Guna menganalisis data yang di peroleh, penelitian ini menggunakan teknik analisis data berupa uji z, uji independent sample t-test. Sebelum dilaksanakannya uji statistik dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji F.
79-UN57.U1-SPM-VIII-2024 | MATEMATIKA ISN P 2024 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain